logo


Jepang Alami Cuaca Buruk, Uni Emirat Tunda Peluncuran Misi Mars Mereka

Misi Hope Probe akan diluncurkan pada Jumat (17/7) dari Jepang

14 Juli 2020 17:00 WIB

Penampakan planet Mars, tetangga bumi
Penampakan planet Mars, tetangga bumi youtube

DUBAI, JITUNEWS.COM - Uni Emirate Arab, menunda peluncuran misi ke Mars mereka hingga 17 Juli mendatang, akibat cuaca buruk yang terjadi di area peluncuran di Jepang.

Misi penjelajahan yang diberi nama Hope Probe tersebut mulanya dijadwalkan pada Rabu (15/7), untuk melakukan perjalanan selama tujuh bulan ke Planet Mars.

"Misi luar angkasa Uni Emirat Arab, misi pertama perjalanan antar planet negara Arab, akan diluncurkan pada Jumat 17 Juli, 2020....dari Tanegashima," ujar pemerintah Uni Emirat melalui twitter, dikutip dari ChannelnewsAsia pada Selasa (14/7).


Skenario Terburuk Musim Dingin Inggris: 120 Ribu Tewas karena Covid-19

Sejauh ini, ada 8 misi penjelajahan Mars yang masih aktif, beberapa berada di orbit Mars, dan beberpa di permukaan Planet Merah tersebut. China dan Amerika Serikat juga dikabarkan akan mengirimkan dua misi lainnya pada tahun 2020 ini.

Uni Emirate Arab, yang merupakan salah satu penghasil minyak terbesar di dunia tersebut, mengumumkan rencana misi perjalanan ke Mars tersebut sejak 2014 silam.

Pada tahun 2017 lalu, mereka membentuk sebuah program misi luar angkasa nasional, yang pada September 2019 lalu berhasil meluncurkan astronot pertama mereka, Hazza al-Mansouri ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Pemerintah Uni Emirate Arab bahkan berambisi mereka mampu membangun pemukiman di planet tersebut mulai tahun 2117 mendatang.

PM Inggris 'Terlambat' Keluarkan Aturan Penggunaan Masker

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×