logo


PM Inggris 'Terlambat' Keluarkan Aturan Penggunaan Masker

Aturan wajib menggunakan masker saat berbelanja di toko atau supermarket di Inggris berlaku mulai tanggal 24 Juli mendatang

14 Juli 2020 16:15 WIB

Masker
Masker Ist

LONDON, JITUNEWS.COM - Warga masyarakat Inggris diwajibkan untuk mengenakan masker penutup wajah saat pergi berbelanja di supermarket dan pertokoan. Perdana Menteri Boris Johnson mengatakan bahwa aturan tersebut mulai diberlakukan pada 24 Juli mendatang, guna menekan laju peningkatan kasus Covid-19.

Pada pekan lalu, Johnson mengatakan bahwa pihaknya akan mempertimbangkan adanya peraturan yang lebih ketat terkait penggunaan masker menyusul rendahnya kesadaran masyarakat Inggris dalam menaati protokol kesehatan.

"Perdana menteri dengan jelas menyatakan bahwa masyarakat harus menggunakan (masker) penutup wajah saat berada di dalam pertokoan dan kita akan mewajibkannya mulai 24 Juli mendatang," ujar juru bicara kantor Perdana Menteri Inggris, dikutip dari CNA pada Selasa (14/7)/


Pendapatan Huawei Masih Meningkat Meski Sanksi AS Dijatuhkan, Namun...

Sebagaimana diketahui, Inggris merupakan negara dengan tingkat kematian akibat virus Corona tertinggi di kawasan Eropa dengan 45 ribu kematian.

Banyak pihak yang menilai pemerintahan Boris Johnson sangat terlambat dalam mengambil keputusan terkait aturan tersebut.

"Mengapa aturan tersebut perlu 11 hari lagi untuk diberlakukan?" ujar Jonathan AShworth, juru bicara partai oposisi.

Untuk memastikan masyarakat mematuhi aturan tersebut, pemerintah Inggris menyiapkan sanksi denda hingga 100 poundsterling atau lebih dari Rp 1,8 juta bagi para pelanggar, dan harus segera dibayarkan dalam waktu 14 hari.

 

Skenario Terburuk Musim Dingin Inggris: 120 Ribu Tewas karena Covid-19

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×