logo


Ahli Ungkap Kunci Keberhasilan Prediksi Jokowi Soal Puncak Corona

Jokowi memprediksi puncak wabah corona pada bulan Agustus hingga September 2020

14 Juli 2020 15:20 WIB

dok sekretariat Presiden

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Presiden Joko Widodo memprediksikan bahwa puncak wabah corona di Indonesia terjadi bulan Agustus hingga September 2020.

Menanggapi hal tersebut, Epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Mayarakat Universitas Airlangga, Laura Navika Yamani mengatakan bahwa prediksi Jokowi bisa terjadi atau tidak. Hal tersebut tergantung intervensi pemerintah.

Laura menjelaskan bahwa intervensi pemerintah meliputi persiapan fasilitas kesehatan, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dan 3 T (testing, tracing dan treatment).


25 Dokter Muda Diduga Terinfeksi Corona Saat Pesta Wisuda, Dekan UNS: Nggak Ada Hubungannya!

"Sekarang dengan adanya pemeriksaan masif maka bisa saja penemuan kasus akan semakin cepat walaupun terjadi peningkatan kasus yang signifikan. Tetapi ini dilakukan agar mencapai puncak semakin cepat dan pengendalian juga bisa dilakukan dengan cepat," kata Laura seperti dilansir CNNIndonesia.com, Selasa (14/7/2020).

Laura mengungkapkan kunci keberhasilan prediksi Jokowi soal puncak corona berada di testing dan tracking yang masif. Menurutnya, semakin cepat lonjakan kasus terjadi, maka penanganannya juga akan semakin cepat.

"Kuncinya di testing yang masif dan tracing yang agresif agar kasus-kasus segera ditemukan walaupun terjadi lonjakan tapi harapannya kasus-kasus ini segera tertangani dan kasus bisa segera dikendalikan," pungkasnya.

Prabowo Diminta Urus Pangan, Rocky Gerung: Kalau Dikasih Mentan Akan Dikorupsi?

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati