logo


7 Cara Jitu Atasi Stress di Lingkungan Kerja

Stress adalah keadaan jiwa yang paling populer saat ini

8 April 2015 16:05 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Stress adalah keadaan jiwa yang paling populer saat ini. Coba anda ingat-ingat kembali berapa banyak orang yang anda jumpai mengatakan bahwa mereka sedang mengalami stress atau mungkin anda sendiri sedang mengalaminya?

Stress bukan suatu penyakit, tetapi jika anda tidak dapat mengatasinya dalam waktu tertentu, anda akan terkena banyak masalah kesehatan. Ada beberapa cara jitu untuk atasi stress di tempat kerja, dan beberapa diantaranya adalah :

1. Rencanakan
Rencanakan dengan baik aktivitas Anda seperti, apa, mengapa, bagaimana, kapan dan siapa yang bertanggung jawab terhadap tugas-tugas. Penting sekali untuk membuat perencanaan bukan hanya jangka panjang tapi juga jangka pendek atau rencana bulanan dan rencana harian.

2. Atasi Masalah tersebut
Pastinya anda di masa lalu pernah mengalami masalah-masalah di tempat kerja. Coba ingat-ingat kembali adakah cara-cara yang dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah yang anda hadapi saat ini.

3. Buat Suasana Kerja yang Menyenangkan
Ikutlah membangun iklim kerja yang menyenangkan, yaitu dengan bersikap terbuka dan berkomunikasi dengan sesama rekan kerja.

4. Mengerti Tugas
Pastikan anda mengerti terhadap tugas dan tanggung jawab anda, serta jangan ragu untuk bertanya.

5. Istirahat
Lakukan beberapa kali break untuk beberapa menit selama anda bekerja. Santai dan jangan melakukan apapun. Ambil nafas dalam-dalam dan keluarkan pelan-pelan.

6. Toleransi
Miliki sikap toleransi kepada sesama rekan kerja. Ingatlah bahwa masing-masing orang adalah pribadi yang unik. Delegasikan sebagian tanggung jawab Anda kepada anak buah anda.

7. Kerja sama tim
Pertahankan semangat tim anda, misalnya dengan melakukan perayaan-perayaan kecil, berolahraga atau berekreasi bersama. Sediakan lingkungan kerja yang baik. Minimalkan gangguan-gangguan seperti suara, ventilasi, cahaya dan suhu.

Kamu Sering Gunakan Alarm untuk Bangun Tidur? Awas, Bisa Berpengaruh ke Otak

Halaman: 
Penulis : Suciati, Hasballah