logo


AS Tolak dan Kecam Klaim China soal Wilayah Laut China Selatan

AS menilai klaim China tersebut mengancam stabilitas kawasan Asia Tenggara

14 Juli 2020 11:15 WIB

Ilustrasi Sejumlah kapal perang di Laut China Selatan
Ilustrasi Sejumlah kapal perang di Laut China Selatan voa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Amerika Serikat menolak dan mengecam klaim China di kawasan Laut China Selatan. Sekretaris Negara AS, Mike Pompeo mengatakan bahwa langkah China tersebut tentunya mengintimidasi sejumlah negara di Asia Tenggara dan sangat bertentangan dengan undang-undang internasional yang berlaku.

"Kami perjelas, klaim Beijing di wilayah perairan di sebagian besar wilayah Laut China Selatan jelas melanggar undang-undang," ujar Pompeo dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Reuters pada Selasa (14/7).

Sejauh ini, Amerika Serikat secara rutin mengerahkan sejumlah kapal perang yang lengkap dengan persenjataan dan puluhan pesawat tempur ke kawasan perairan tersebut guna menunjukkan bahwa kawasan yang diklaim oleh China tersebut merupakan wilayah perairan internasional.


Akhirnya, Donald Trump Gunakan Masker saat Tampil di depan Publik

"(Komunitas) Dunia tidak akan membiarkan Beijing untuk memperlakukan kawasan Laut China Selatan sebagai wilayah kekaisaran maritim mereka," tegas Pompeo.

Sementara itu, Kedutaan Besar China untuk Washington menilai pernyataan Mike Pompeo tersebut tidak dapat dibenarkan dan berpotensi meningkatkan ketegangan dalam hubungan China-AS.

"Dengan dalih mempertahankan stabilitas.....(AS) meningkatkan ketegangan dan memicu konfrontasi di kawasan tersebut," ujar Kedutaan Besar China.

Bahayakan Kesehatan Anak, DPR AS Tolak Rencana Trump Buka Kembali Sekolah

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×