logo


Soal Kartu Prakerja, Ini Desakan ICW ke Jokowi dan KPK

Pihaknya mendesak agar Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2020 tentang Kartu Prakerja dicabut.

14 Juli 2020 08:00 WIB

Kartu Prakerja
Kartu Prakerja ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Wana Alamsyah menilai Presiden Joko Widodo telah melanggengkan pelanggaran yang terjadi pada program Kartu Prakerja. Pihaknya mendesak agar Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2020 tentang Kartu Prakerja dicabut.

"ICW mendesak Presiden Joko Widodo mencabut Perpres 76 tahun 2020 dan menghentikan sementara pelaksanaan program Kartu Prakerja hingga ada hasil evaluasi menyeluruh yang disampaikan kepada masyarakat," kata Wana melalui siaran pers, Selasa (13/7).

Selain itu, Wana menyatakan pihaknya juga mendesak Kementerian Koordinator bidang Perekonomian untuk menunjukkan hasil evaluasi pelaksanaan program Kartu Prakerja.


Siapkan Sanksi untuk Pelanggar Protokol Kesehatan, Jokowi Sebut Denda atau Kerja Sosial

"ICW mendesak Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian membuka hasil evaluasi yang telah dilakukan bersama dengan manajemen pelaksana," jelasnya.

Bahkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga diminta untuk segera menempuh langkah hukum apabila program tersebut berpotensi membuat negara rugi.

"ICW mendesak KPK segera melakukan langkah hukum dengan menyelidiki potensi kerugian negara yang muncul akibat pelaksanaan program Kartu Prakerja," ujar Wana.

Soal Teguran Keras ke Menteri, Jokowi: Itu untuk Memotivasi

Halaman: 
Penulis : Iskandar
 
×
×