logo


Soal 'Surat Jalan' Djoko Tjandra, Menkum HAM: Kita Nggak Tahu

Muncul 'surat jalan' Djoko Tjandra, dari Jakarta ke Pontianak.

13 Juli 2020 15:20 WIB

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly memberikan keterangan pers di Kantor Kemkumham Jakarta, Jumat (20/9). Foto: Ist (Alinea)
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly memberikan keterangan pers di Kantor Kemkumham Jakarta, Jumat (20/9). Foto: Ist (Alinea)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Muncul 'surat jalan' terpidana kasus hak tagih Bank Bali, Djoko Tjandra, dari Jakarta ke Pontianak.

Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM), Yasonna Laoly, mengaku tidak mengetahui mengenai 'surat jalan' tersebut.

"Nggak tahu. Kita nggak tahu. Surat jalan dari siapa?" kata Yasonna di kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Senin (13/7).


Yasonna Ungkap Lobi Pemerintah Bawa Maria Pauline ke Indonesia

Yasonna menegaskan bahwa pihaknya tidak mengetahui soal surat tersebut.

"Kita nggak tahu, mana kita tahu," kata Yasonna.

Sebelumnya, Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman mengaku mendapatkan foto 'surat jalan' atas nama Joko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra.

"Pada pagi hari ini, kami mendapat foto sebuah surat jalan Joko Tjandra dari oknum sebuah instansi," ujar Boyamin dalam keterangan tertulisnya, Senin (13/7).

"Dalam surat jalan tersebut tertulis Joko Soegiarto Tjandra sebagai konsultan dan melakukan perjalanan dari Jakarta ke Pontianak dengan keberangkatan tanggal 19 Juni 2020 dan kembali tanggal 22 Juni 2020. Angkutan yang dipakai adalah pesawat," ucap Boyamin.

Boyamin mengaku mengetahui lembaga mana yang menerbitkan surat tersebut.

"Bahwa oknum lembaga mana yang menerbitkan, kami mengetahui dikarenakan foto awal terdapat kop surat, nomor surat jalan, dan pejabat yang menandatangani surat serta terdapat stempelnya. Namun, untuk asas praduga tidak bersalah dan mencegah fitnah, maka kami sengaja menutupnya," kata Boyamin.

 

Sindir Aksi Yasonna ke Maria Lumowa, Fadli Zon: Jangan Berlomba-lomba Tonjolkan Prestasi karena Takut Reshuffle

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata