logo


Rencana Anies Perluas Ancol Mirip dengan Reklamasi Pada Eranya, Ahok: Ini Permainan Kata Saja

Ahok menilai perluasan daratan Ancol mirip dengan reklamasi pada masa pemerintahannya

13 Juli 2020 11:10 WIB

Basuki Tjahaja Purnama / Ahok
Basuki Tjahaja Purnama / Ahok Detikcom

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menanggapi rencana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang hendak melakukan perluasan daratan Kawasan Ancol. Menurutnya, rencana Anies hampir mirip dengan rencananya dulu untuk reklamasi pulau K.

"Ini soal permainan kata saja. Pulau reklamasi K memang bagian dari perluasan Ancol atau perlu dan daratan Ancol yang ada saat ini," kata Ahok seperti dilansir Suara.com, Senin (13/7/2020).

Meski demikian, Ahok mengatakan bahwa rencana reklamasinya saat itu untuk membangun pulau. Konsep tersebut berbeda dengan rencana Anies yang hendak memperlus daratan Kawasan Ancol.


Hindari Polemik, DPRD DKI Minta Perluasan Ancol Tidak Disebut Reklamasi

"Tetapi perluasannya dengan cara buat pulau. Nambah deretannya dengan buat pulau bukan reklamasi pantai nyambung dari daratan Ancol saat ini," ujarnya.

Menurutnya, menyambungkan daratan telah melanggar Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL). Ia berpendapat harus ada jarak 300 meter dari pulau baru ke daratan Ancol. Oleh karena itu solusi terbaik adalah membangun jembatan.

"Tidak boleh ada nempel reklamasi ke daratan DKI. Itu melanggar Perda dan juga Amdal termasuk Undang-Undang Lingkungan Hidup. Nanti setelah pulau jadi tetap harus dikeruk dan bangun jembatan dari daratan," jelasnya,

Minta Bantuan Pusat Tangani Banjir, Anies Baswedan: Kami Tidak Ada Anggaran

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati