logo


Lakukan Gerakan Sederhana Ini Sebelum Tidur, Ringankan Sakit Pinggang Hingga Leher

Sakit pada pinggang, punggung, bahu, dan juga leher bisa membuat tubuh tidak nyaman

12 Juli 2020 18:00 WIB

Sakit Pinggang / Pegal
Sakit Pinggang / Pegal Hello Sehat

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sakit pada pinggang, punggung, bahu, dan juga leher bisa membuat tubuh tidak nyaman selama seharian.

Nah, untuk meringankan sakit pada bagian tersebut, Kawan Jitu bisa melakukan gerakan sederhana ini sebelum tidur. Kawan Jitu bisa melakukannya di atas kasur.

1. Wide Child Pose


Ngiler Saat Tidur Ternyata Pertanda Baik

Lakukan posisi berlutut dengan kedua lutut sedikit melebar, lalu merangkak ke depan dengan tangan lengan lurus di posisi depan.

Pertahankan posisi tubuh relaks pada paha dan kening. Bernapaslah di posisi ini sekurangnya tiga tarikan napas panjang atau 60 detik.

2. Cat pose

Lakuka pose all fours dengan kedua tangan di bawah bahu dan kedua lutut di bawah pinggul. Gunakan embusan napas untuk menarik pusar ke arah tulang belakang dan menekan lantai dengan kedua tangan dan lutut. Lengkungkan tulang belakang seperti kucing marah, bernapaslah pada posisi ini selama 30 detik.

3. Seated spinal twist

Duduk bersila, kemudian putar badan ke kanan dan taruh tangan kanan di lantai belakang tulang punggung. Kemudian tangan kanan menyentuh lutut kaki kiri.

Tarik napas panjang, lalu putar badan di arah berlainan, sesuaikan posisi tangan. Lakukan gerakan posisi ini selama 30-60 detik dengan memutar badan secara bergantian.

4. Seated side bend

Mulailah dengan duduk bersila dan lengan rileks di sisi tubuh. Rentangkan lengan kiri ke arah langit-langit samping wajah.

Gerakkan tangan kanan ke lantai dan gerakkan perlahan ke kanan, biarkan lengan bawah kanan bergerak ke arah lantai, lalu condongkan badan ke kanan. Lakukan gerakan ini 30-60 detik.

5. Forward fold

Mulailah dengan posisi duduk dan kaki lurus ke depan. Lalu mulai bungkukkan tubuh hingga posisi telapak tangan menyentuh bagian dekat telapak kaki. Bertahan pada posisi ini selama 30-60 detik.

6. Spinal twist

Mulailah dengan berbaring, kemudian tekuk lutut kanan ke dalam dada sambil pandu lutut untuk miring ke kiri dengan menggunakan tangan krii.

Kemudian rentangkan tangan kanan lurus ke samping dan arahkan wajah ke arah tangan kanan tersebut.

Putar badan hingga terasa rileks. Tahan posisi ini selama 30-60 detik. Lakukan gerakan yang sama pada kaki satunya.

7. Bow pose

Mulailah dengan berbaring menghadap ke bawah. Tekuk lutut dan pegang pergelangan kaki dengan tangan. Tekan kaki menjauh dari kepala, pergelangan kaki ke tangan, menjaga jarak antara lutut dan pinggul, dang angkat dada. Bertahan pada posisi ini selama 30 detik.

Senang Makan Es Batu Adalah Tanda Seseorang Alami Hal Ini

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata
 
×
×