logo


Puluhan Personil Terinfeksi Covid-19, Dua Pangkalan Militer AS di Okinawa Lockdown

Gubernur Okinawa menyebut sejumlah personil tentara AS diketahui telah mengadakan pesta pada 4 Juli lalu di sejumlah kawasan di pusat kota dan pantai

12 Juli 2020 05:43 WIB

pangkalan militer AS di Okinawa, Jepang
pangkalan militer AS di Okinawa, Jepang istimewa

TOKYO, JITUNEWS.COM - Dua pangkalan militer AS yang berada di Okinawa, Jepang, terpaksa di-lockdown, usai puluhan personil mereka terinfeksi virus Corona Covid-19, dan memaksa gubernur Okinawa meminta penjelasan dari pihak militer AS terkait hal tersebut.

Pemerintah Okinawa mengatakan bahwa Angkatan bersenjata AS telah melaporkan 61 kasus yang telah terkonfirmasi, yang terjadi di dua markas mereka di wilayah Futenma dan Kamp Hansen.

"Warga Okinawa terkejut dengan kabar tersebut," ujar Gubernur Denny Tamaki dalam sebuah konferensi pers pada Sabtu (11/7).


Trump Tak Pikirkan Fase Kedua Kesepakatan Dagang dengan China

"Kami sekarang sangat ragu bahwa militer AS telah menerapkan kebijakan pencegahan yang sesuai dengan standar," imbuhnya, seperti dikutip dari SCMP pada Minggu (12/7).

Tamaki menambahkan bahwa sejumlah personil tentara AS diketahui menggelar sejumlah pesta di kawasan pusat kota dan sejumlah pantai untuk merayakan hari kemerdekaan AS pada tanggal 4 Juli lalu.

Pihak militer AS menyatakan bahwa semua personil yang telah terbukti terinfeksi Covid-19 telah berada dalam isolasi.

Untuk diketahui, Okinawa merupakan rumah dari lebih dari 50 ribu personil tentara AS bertugas di Jepang. Banyak warga yang tinggal di kawasan tersebut yang terganggu dengan polusi, suara bising dan tindak kekerasan yang berasal dari markas militer AS tersebut.

Warga Negara AS Diminta Waspadai Resiko Penahanan Sepihak oleh China

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×