logo


Trump Tak Pikirkan Fase Kedua Kesepakatan Dagang dengan China

Trump menilai hubungan AS-China telah rusak

11 Juli 2020 19:39 WIB

Donald Trump dan Xi Jinping
Donald Trump dan Xi Jinping Kompas Internasional

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Presiden AS Donald Trump pada Jumat (10/7) lalu mengatakan bahwa dirinya sejauh ini tidak memikirkan mengenai fase kedua kesepakatan dagang dengan China. Ia menambahkan bahwa hubungan antara kedua negara telah rusak karena pandemi COvid-19.

"Mereka sebenarnya bisa menghentikan wabah. Mereka seharusnya bisa. Namun mereka tidak melakukannya," ujar Trump kepada seorang reporter saat berada diatas pesawat terbang menuju ke Florida, dikutip dari CNBC Internasional pada Sabtu (11/7).

Saat ditanya apakah gesekan tersebut berarti fase kedua kesepakatan dagang AS-China tidak akan terjadi, Trump mengatakan bahwa dirinya bahkan tidak memikirkannya, ada banyak hal lain yang tengah berada dalam pikirannya.


Butuh Lebih dari Tiga Tahun untuk Singkirkan Huawei dari Perangkat 5G Inggris

Virus Sars-Cov-2 yang mengakibatkan infeksi Covid-19, pertama kali muncul dan dilaporkan di Kota Wuhan, China daratan, yang kini telah menyebar ke seluruh penjuru dunia, dan membuat AS menjadi negara paling terdampak, dalam hal kesehatan dan perekonomian. Lebih dari 3 juta kasus dengan sedikitnya 131,291 kematian akibat infeksi penyakit tersebut telah dilaporkan oleh AS.

Trump mengatakan bahwa pada bulan Mei lalu ia sempat berpikir untuk mengabaikan kesepakatan fase pertama dengan Beijing, namun sejumlah pejabat AS memintanya untuk tetap melanjutkan kesepakatan tersebut.

Apa yang dilontarkan oleh Trump membuat status kesepakatan dagang antara dua negara super power tersebut kini dipertanyakan.

Bill Gates Minta Pendistribusian Vaksin Covid-19 Dilakukan Secara Adil dan Merata

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×