logo


Bill Gates Minta Pendistribusian Vaksin Covid-19 Dilakukan Secara Adil dan Merata

Bill Gates meminta jika nantinya berhasil ditemukan, vaksin Covid-19 didistribusikan secara global, dimana masyarakat dan kawasan yang paling terdampak mendapatkan prioritas

11 Juli 2020 18:29 WIB

Bill Gates
Bill Gates NBC

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Salah satu orang terkaya di muka bumi, Bill Gates, meminta agar vaksin Covid-19 nantinya diprioritaskan untuk seluruh negara dan orang-orang yang paling membutuhkan, bukan bagi mereka yang memiliki tawaran tertinggi. Ia menyebut jika vaksin tersebut dijadikan komoditas perdagangan, maka situasi pandemi bisa berlangsung lebih lama.

"Jika kita hanya membiarkan vaksin-vaksin tersebut berada di tangan pedagang, bukan kepada masyarakat dan tempat-tempat yang paling membutuhkan, maka kita akan menghadapi pandemi yang lebih lama dan lebih mematikan," ujar pendiri Microsoft tersebut dikutip dari Reuters pada Sabtu (11/7).

"Kita butuh pemimpin yang mampu membuat keputusan sulit ini mengenai pendistribusian vaksin berdasarkan keadilan, tidak hanya berdasar faktor-faktor yang dijalankan oleh pasar," imbuhnya.


Tak Ada Listrik dan Air, Krisis Ekonomi Lebanon Berada di Level yang Berbeda

Adanya ratusan proyek vaksin yang saat ini tengah berlangsung, sejumlah negara Eropa dan Amerika Serikat telah menyuntikkan dana investasi hingga milyaran dolar dalam penelitian, percobaan, dan proses pembuatan vaksin Covid-19. Hal tersebut memunculkan kekhawatiran bahwa vaksin Covid-19 akan diborong habis oleh negara-negara kaya saja, tak tersisa untuk negara dunia ketiga.

"Salah satu pembelajaran terbaik dalam melawan virus HIV/AIDS adalah pentingnya membangun pendistribusian (vaksin) secara luas dan adil, sehingga semua orang dapat memperolehnya," tukasnya.

Butuh Lebih dari Tiga Tahun untuk Singkirkan Huawei dari Perangkat 5G Inggris

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia