logo


Soal Reshuffle, Pengamat Sebut Demokrat-PAN Pasti Ambil Jika Diminta Jokowi

Ujang menyebut setiap ada isu reshuffle pasti partai-partai politik akan berburu jabatan menteri tersebut.

11 Juli 2020 09:59 WIB

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Jakarta, Ujang Komarudin menilai isu reshuffle atau perombakan kabinet merupakan bahan buruan dari setiap partai politik, terlebih yang belum mendapatkan jatah.

"Setiap ada isu reshuffle pasti partai-partai politik akan berburu jabatan menteri tersebut. Walaupun merupakan hak prerogatif presiden. Tetap saja dalam me-reshuffle presiden akan berkompromi dengan partai politik," kata Ujang, dilansir dari Tagar pada Sabtu (11/7).

Ujang lantas menerangkan ada sejumlah partai yang ingin meraih posisi di Kabinet Indonesia Maju, di antaranya Partai Demokrat dan PAN.


Sebut Terawan Menteri Kesayangan Jokowi, PAN: Enggak Mungkin Di-Reshuffle

"Yang belum dapat kan ada 3, yaitu PKS, Demokrat, dan PAN. Sepertinya PKS tetap akan di luar pemerintahan. Namun untuk Demokrat dan PAN, jika diminta Jokowi, pasti akan diambil jabatan menteri hasil reshuffle tersebut," ujarnya.

Sebelumnya, wacana perombakan kabinet telah dilontarkan sendiri oleh Presiden Joko Widodo ketika meluapkan kejengkelannya kepada para menteri di Sidang Kabinet Paripurna pada 18 Juni lalu. Sejak saat itu, isu reshuffle terus bergulir dan diperbincangkan berbagai kalangan.

Dugaan Amien Rais 'Ngebet' Jadi Presiden, Pengamat: Paling Hanya Akan Jadi King Maker

Halaman: 
Penulis : Iskandar
 
×
×