logo


Pernah Dituding Bagian dari ISIS, UAS: Dia Bayangkan ISIS Itu Sangar Sekali, Kok Ini Lucu

UAS beberkan perjalanan dakwahnya hingga dituding sebagai ISIS

11 Juli 2020 08:00 WIB

Ustad Abdul Somad
Ustad Abdul Somad Media Indonesia

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Ustaz Abdul Somad (UAS) menceritakan perjalanan dakwahnya ke beberapa negara yang berjalan tidak mulus. Ia sempat dituding bagian dari ISIS bahkan sampai dicekal saat masuk ke Eropa.

UAS membagi pengalamannya saat hendak masuk ke Swiss dan Belanda. Ia ditahan di bagian imigrasi hingga kemudian di deportasi.

"Saya sampai di Swiss, karena khawatir masuk, visanya emang Belanda, tapi masuk Swiss. Begitu sampai di imigrasi, mereka tak benarkan saya masuk," ujar UAS di channel YouTube dengan tema Tantangan dan Peluang Dakwah yang Jitunews lihat pada Sabtu (11/7/2020).


Tolak RUU HIP, Abdul Somad Ajak Umat Islam Bersuara

"Ketika saya tanya, mereka memperlihatkan secarik kertas. Mereka katakan saya pernah menyampaikan ceramah di Belanda,dan saya punya paspor itu dicap untuk tidak boleh masuk Eropa. Saya bilang ini paspor baru, dia minta paspor lama, saya bilang nggak mungkin saya bawa. Saya nggak pernah masuk Eropa. Setelah 5 jam, mereka deportasi, pulang melalui Thailand, kemudian ke Malaysia. Itu untuk visa Swiss dan Belanda," paparnya.

Tidak hanya dicekal di Eropa, UAS juga sempat dilarang masuk ke Timor Leste. UAS dituding sebagai ISIS, padahal saat itu ia hendak bertemu dengan Uskup dan juga Xanana Gusmao.

"Begitu sampai di airport, saya ditahan. Saya tanya, larangan apa ini?" ujar UAS.

"Mereka bilang, dua jam sebelumnya, kami diberitahu bapak nggak boleh masuk. Mereka bilang saya terindikasi ISIS, dia sambil senyum-senyum, dia bayangkan ISIS itu sangar sekali, kok ini ISIS-nya lucu," ungkapnya.

Penasaran Sosok Ayana Moon, Ade Armando: Pacar Abdul Somad?

Halaman: 
 
×
×