logo


Pratikno Sebut Progres Menteri Luar Biasa, Pengamat: Terlalu Berlebihan

Karyono menyebut indikator adanya peningkatan pencairan dana terkait penangangan Covid-19 masih perlu diperiksa lagi.

10 Juli 2020 22:31 WIB

Mensesneg Pratikno.
Mensesneg Pratikno. setkab.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pengamat politik Karyono Wibowo menanggapi pernyataan Mensesneg Pratikno soal reshuffle yang tidak diperlukan lagi mengingat kinerja para menteri sudah mengalami kemajuan yang luar biasa.

Karyono menilai pernyataan yang dilontarkan itu sangat berlebihan. Pasalnya, belum ada indikasi yang bisa menyatakan bahwa kinerja menteri telah berada di jalur yang diinginkan Presiden Joko Widodo.

"Alasan sudah ada progres luar biasa dari para menteri, menurut saya terlalu berlebihan. Indikatornya belum cukup untuk menyimpulkan bahwa kinerja menteri sudah ada kemajuan luar biasa," kata Karyono, dikutip dari Tagar, Jumat (10/7).


Jokowi Sebut WFH Seperti Cuti, PAN: Menjadi Pelecut bagi Semua Menteri

Menurutnya, indikator adanya peningkatan pencairan dana terkait penangangan Covid-19 masih perlu diperiksa lagi. Dia juga menyebut realisasi anggaran belum tentu bisa dijadikan tolak ukur kinerja menteri.

"Perlu dilihat sudah tepat sasaran atau belum. Peningkatan realisasi anggaran juga bukan satu-satunya ukuran kinerja. Masih banyak instrumen lainnya untuk mengukur kinerja menteri," jelasnya.

Kemudian, Karyono menilai pernyataan Pratikno mengenai kemajuan kinerja menteri akan sulit diterima publik. Pasalnya, isu perombakan kabinet digulirkan oleh Presiden Jokowi sendiri.

"Sayangnya, isu reshuffle sudah terlanjur bergulir, yang berawal dari pernyataan presiden, sehingga tidak mudah untuk menyetop. Namun, terlepas presiden jadi melakukan reshuffle atau tidak, yang pasti ucapan presiden soal reshuffle sudah terlanjur dicatat dalam memori kolektif publik, tidak mudah untuk menghapus dan itu akan selalu diingat publik selamanya," papar Karyono.

Tak Kaget Putusan MA soal Pilpres, PA 212: Sudah Terindikasi Kuat Penuh Kecurangan

Halaman: 
Penulis : Iskandar
 
×
×