logo


Tak Hanya Apple, Samsung Juga Akan Hilangkan Charger dari Paket Penjualan Smartphone Mereka

Samsung diprediksi akan menghilangkan charger dari paket penjualan mereka pada tahun 2021 mendatang

10 Juli 2020 19:24 WIB

Kepala Charger
Kepala Charger istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Banyak pakar dan analis yang menyatakan bahwa iPhone 12 akan hadir tanpa disertai charger dan headset dalam paket penjualannya. Tampaknya, Apple bukan lah satu-satunya perusahaan yang mempertimbangkan hal tersebut.

Baru-baru ini, media Korea Selatan, ETNews, melaporkan bahwa raksasa teknologi asal negara tersebut, Samsung, juga akan menghapus charger dari paket penjualan yang akan segera dimulai pada tahun 2021 mendatang.

Namun, tidak seperti iPhone 12, tampaknya Samsung hanya akan menggunakan opsi tersebut hanya pada beberapa model saja, terutama untuk ponsel kelas flagship mereka. Sehingga untuk ponsel kelas entry level dan menegah tetap mendapatkan charger dan keadset dalam paket penjualannya.


Dua Ponsel Gaming Terbaru Gunakan Qualcomm Snapdragon 865+

Untuk ponsel kelas entry level, absennya charger dari paket penjualan tentunya akan menurunkan harga perangkat smartphone. Sehingga harga ponsel Samsung menjadi lebih terjangkau yang membuat sengit persaingan dengan smartphone buatan China. Namun, hal itu tentunya bukan lah hal yang krusial mengingat saat seseorang mengganti ponsel lama mereka, pengguna masih memiliki charger lama yang masih bisa digunakan.

Namun, hal tersebut akan berbeda untuk ponsel kelas atas. Sejumlah smartphone kelas flagship kemungkinan akan mendukung fitur pengisian daya cepat 45 W, sehingga diperlukan charger dengan kekuatan yang lebih besar untuk mengaktifkan fitur tersebut. Hasilnya, charger bawaan paket penjualan menjadi lebih bernilai.

Untuk saat ini, Samsung masih belum menanggapi isu ini, namun jika nantinya lebih banyak perusahaan smartphone yang mengadopsi taktik ini dalam strategi penjualannya, maka kemungkinan hal tersebut tentunya akan mengubah kebiasaan kita dalam menggunakan perangkat tersebut.

Diluncurkan pada 22 Juli, Lenovo Legion Tantang ROG Phone 3 di Segmen Smartphone Gaming

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×