logo


AS Desak PBB Perpanjang Masa Embargo Senjata Iran, Rusia: Tidak Akan Pernah Terwujud

Rusia menolak adanya perpanjangan masa embargo senjata Iran

10 Juli 2020 17:45 WIB

Ilustrasi senjata
Ilustrasi senjata istimewa

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Perwakilan Rusia untuk PBB, Vasily Nebenzia menyatakan bahwa proposal usulan AS kepada PBB terkait perpanjangan waktu embargo senjata terhadap Iran tidak akan pernah berhasil.

"Resolusi AS tersebut memiliki prospek yang menyedihkan. Maksud saya, hal tersebut tidak akan pernah terwujud," kata Nebenzia dalam sebuah wawancara online pada Kamis (9/7). dikutip dari Sputnik pada Jumat (10/7).

Menurutnya, Rusia sebelumnya sempat memberitahu AS bahwa embargo senjata terhadap Iran yang akan berakhir pada tahun 2020 ini tidak akan diperpanjang.


Merasa Terancam oleh Militer China, Taiwan Beli Alutsista dari AS

"Tentunya Iran tidak akan menerimanya, dan mereka berhak atas hal tersebut," imbuhnya.

Pada Juni lalu, AS mengumumkan sebuah draft proposal kepada Dewan Keamanan PBB, yang mendesak adanya penambahan waktu embargo senjata atas Iran, sebelum berakhir pada pertengahan Oktober mendatang. Rusia dan China diketahui telah menolak permohonan AS tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Sekretaris Negara AS, Mike Pompeo menyebut jika PBB tidak memperpanjang embargo senjata terhadap Iran, maka kawasan Timur Tengah akan mengalami konflik yang lebih panjang.

"Dewan Keamanan (PBB) harus memperpanjang embargo senjata terhadap Iran guna mencegah konflik lanjutan di kawasan (Timur Tengah)," ujar Pompeo kepada wartawan di Washington, pada Rabu (8/7).

"Tidak ada satupun orang yang mungkin meyakini Iran akan menggunakan senjata apapun yang mereka terima untuk akhir yang damai," imbuhnya.

Kasus Covid-19 di AS Malah Naik Lagi, Fauci: Pertimbangkan Lockdown Lagi

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×