logo


Merasa Terancam oleh Militer China, Taiwan Beli Alutsista dari AS

AS telah setuju untuk melakukan proses penjualan senjata kepada Taiwan seharga USD 620 Juta

10 Juli 2020 16:45 WIB

Rudal dan Misil milik Taiwan
Rudal dan Misil milik Taiwan Taiwan Insight

TAIPEI, JITUNEWS.COM - Guna meningkatkan kemampuan pertahanan negara dari ancaman militer Beijing, Taiwan telah mengajukan proposal pembelian alutsista kepada Amerika Serikat dengan total anggaran mencapai USD 620 juta.

Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk membeli sejumlah komponen persenjataan untuk meningkatkan kemampuan rudal Patriot milik mereka.

"Proposal penjualan ini...mendukung pihak penerima untuk melanjutkan upaya guna melakukan modernisasi persenjataan pasukan mereka dan untuk mempertahankan kemampuan pertahanan yang kredibel," ujar Pentagon dalam sebuah pernyataan dikutip dari Reuters pada Jumat (10/7).


Palestina Dukung Joe Biden Menangi Pilpres AS

"Pihak penerima (Taiwan) akan menggunakan kemampuan itu sebagai upaya pencegahan adanya ancaman redional dan untuk memperkuat pertahanan nasional mereka," tambahnya.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Taiwan mengatakan bahwa pengiriman alutsista tersebut akan dimulai pada bulan Agustus mendatang.

"Ini merupakan pembelian senjata yang ketujuh Taiwan dari AS pada era kepemimpinan Donald Trump, yang menunjukkan adanya kepentingan mengenai keamanan pertahanan nasional kami, konsolidasi kerja sama di sektor keamanan dengan AS, dan bersama mempertahankan kedamaian dan stabilitas di Selat Taiwan serta kawasan," ujarnya.

Di saat militer Taiwan mendapatkan pelatihan dan dukungan perlengkapan dari Amerika Serikat, pihak militer China yang diketahui jauh berada diatas mereka tengah meningkatkan dan menambah jumlah peralatan tempur mereka seperti sejumlah pesawat tempur siluman.

 

Korea Utara Bisa Saja Gelar Pertemuan dengan AS, Tapi Tidak untuk Saat Ini

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia