logo


Jokowi Minta Prabowo Belanja Produk Lokal, Kemenhan: Sudah 85 Persen

Kemenhan sebut Prabowo selalu mengikuti instruksi Jokowi

10 Juli 2020 08:00 WIB

Dahnil Anzar Simanjuntak
Dahnil Anzar Simanjuntak Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Presiden Joko Widodo meminta kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto untuk memprioritaskan belanja anggaran di produk-produk dalam negeri.

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara Menhan, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan bahwa Kemenhan telah belanja produk lokal sebanyak 85 persen.

"Kalau bicara belanja Kemhan secara agregat maka 85 persen dibelanjakan dalam negeri," ujarnya seperti dilansir CNNIndonesia.com, Kamis (9/7/2020).


Ditunjuk Jokowi Garap Lumbung Pangan, Gerindra: Prabowo Pantang Menolak Penugasan

Dahnil menjelaskan bahwa dari total anggaran Kemenhan Rp 117 triliun, hampir 55 persen dibelanjakan untuk keperluan prajurit TNI dan ASN Kemenhan. Sementara sisanya untuk biaya operasional dan penanganan Covid-19.

"Nah 20 pesen lagi untuk operasional, perawatan alutsista, selain itu sekarang juga sedang fokus back-up penanganan Covid-19," jelasnya.

Sementara alutsista yang tidak tersedia di Indonesia, Dahnil mengatakan tetap memilih opsi kedua yakni joint production dengan negara lain.

"Nah bila tidak tersedia dari dalam negeri kita pakai skema join production supaya ada upaya alih teknologi, baru sisanya bila mendesak dan harus segera dan tidak ada substitusinya tentu kita beli dari negara produsen alutsista di luar negeri," pungkasnya.

Birokrasi Ruwet, PKS Minta Kementerian Dipangkas Jadi 20

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati
 
×
×