logo


Akui Kedisiplinan Protokol Kesehatan Turun, Ganjar Sebut Warga Salah Artikan New Normal

Ganjar minta kedisiplinan protokol kesehatan segera ditingkatkan

10 Juli 2020 07:30 WIB

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beritasatu

SEMARANG, JITUNEWS.COM- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan bahwa akhir-akhir ini kedisiplinan masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan Covid-19 mulai menurun. Banyak warga yang mengabaikan penggunaan masker dan tidak menjaga jarak fisik.

Ganjar menilai penurunan kedisiplinan protokol kesehatan dikarenakan warga salah mengartikan konsep new normal. Banyak warga yang menilai new normal adalah kondisi seperti sebelum ada Covid-19.

"Rata-rata soal keprotokolan sekarang mengalami decline yang cukup tajam, karena gegap gempita kenormalan baru itu banyak diartikan seperti sebelum Covid-19, gitu," kata Ganjar Pranowo di rumah dinasnya, Semarang, Kamis (9/7/2020).


RI-GHA Covid-19, Rapid Test Buatan Anak Negeri yang Telah Teruji

Ia pun mencotohkan warga Semarang yang mengabaikan protokol kesehatan di Simpang Lima Semarang. Meski Wali Kota Semarang telah meniadakan acara CFD, namun warga masih memadati lokasi tersebut pada Minggu pagi.

"Pak Hendi (Wali Kota Semarang) sudah melakukan tindakan yang bagus, tidak ada CFD. Tapi faktanya kemarin saya cek nggak bisa. Tapi ketidakdisiplinan ini mesti ditingkatkan dengan aturan yang lebih ketat. Kalau perlu apa? Ya ditutup ruas-ruas jalan itu, jam malamnya diketatkan lagi, istilah Pak Jokowi itu sekarang saatnya direm bukan di gas," jelasnya.

Ganjar meminta semua kepala daerah untuk meningkatkan kedisiplinan warga dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Tidak perlu memandang status kerawanan di daerah masing-masing.

Melalui Kelaparan, Virus Covid-19 Tewaskan Lebih Banyak Orang

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati
 
×
×