logo


Melalui Kelaparan, Virus Covid-19 Tewaskan Lebih Banyak Orang

Dampak perekonomian yang ditimbulkan akibat pandemi Covid-19 lebih dahsyat daripada dampak kesehatan akibat virus itu sendiri

9 Juli 2020 20:37 WIB

Kelaparan
Kelaparan istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Badan Amal Internasional, Oxfam, memperkirakan sedikitnya 122 juta masyarakat di seluruh dunia akan menghadapi wabah kelaparan pada tahun 2020 ini sebagai akibat dari kurangnya bantuan, PHK besar-besaran, dan terputusnya rantai pasokan bahan pangan yang merupakan sebagian dampak dari terjadinya pandemi Covid-19.

Oxfam memperkirakan, virus kelaparan tersebut dapat menewaskan 12 ribu orang per harinya, dimana hal tersebut lebih parah daripada kematian akibat Covid-19 pada masa puncak wabah bulan April lalu.

Mereka menyebut Afghanistan, Suriah, dan Sudan merupakan beberapa kawasan yang memiliki situasi paling parah.


Penjualan Smartphone Anjlok Gara-gara Pandemi, Produsen Chipset Malah Untung. Kok Bisa?

"Hantaman dampak (pandemi) Covid-19 lebih menyebar luas daripada virus itu sendiri, memaksa jutaan orang di seluruh dunia jatuh ke dalam jurang kemiskinan dan kelaparan," ujar Kepala Oxfam Inggris, Danny Sriskandarajah, dikutip dari Sky News pada Kamis (9/7).

Ia menilai pemerintahan di seluruh dunia bisa saja menyelamatkan lebih banyak jiwa jika mereka mendukung dan berupaya untuk menghentikan konflik yang terjadi di berbagai kawasan, untuk kemudian berfokus pada langkah penghentian pandemi.

Sementara itu, John Sparks, salah satu koresponden Sky News di Afrika Selatan menyebut bahwa puluhan juta imigran yang datang dari sejumlah negara di benua tersebut terpaksa berjuang dengan keras untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari mereka usai terdampak PHK massal.

"Rasa sakit juga dirasakan oleh puluhan juta imigran yang datang dari Zimbabwe, Mozambique dan Malawi, yang harus berjuang memberi makan dirinya sendiri di Afrika Selatan dan gagal mengirimkan uang kepada keluarga tercinta yang berada di rumah," imbuhnya.

RI-GHA Covid-19, Rapid Test Buatan Anak Negeri yang Telah Teruji

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×