logo


Menko PMK: Tahun Ini Masjid Istiqlal Tidak Digunakan untuk Salat Idul Adha

Salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban diperbolehkan tergantung status zonasinya.

9 Juli 2020 13:30 WIB

Menko PMK Muhadjir Effendy saat memimpin Rapat Koordinasi Tingkat Menteri Pemanfaatan RSKI Pulau Galang yang digelar melalui telekonferensi, Selasa malam (30/6)\n.
Menko PMK Muhadjir Effendy saat memimpin Rapat Koordinasi Tingkat Menteri Pemanfaatan RSKI Pulau Galang yang digelar melalui telekonferensi, Selasa malam (30/6). Humas Kemenko PMK

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa Masjid Istiqlal tidak digunakan untuk pelaksanaan salat Idul Adha 1441 H/2020.

"Pada intinya tahun ini Masjid Istiqlal tidak digunakan untuk melaksanakan salat Idul Adha," kata Muhadjir melalui telekonferensi pada Kamis (9/7).

Muhadjir mengatakan secara nasional salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban diperbolehkan tergantung status zonasinya.


Menag: Akan Dilaksanakan Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal

"Berkaitan dengan penyelenggaraan salat Idul Adha dan penyembelihan kurban untuk secara nasional diputuskan bahwa dibolehkan dengan perkecualian-pengecualian yaitu terutama kelayakan tempat tersebut dilihat dari status zonasinya. Zonasi, intensitas, penyebaran, dan penularan Covid-19 sebagaimana yang telah di tetapkan oleh gugus tugas nasional," ujar Muhadjir.

Muhadjir mengatakan bahwa pelaksanaan Hari Raya Idul Adha akan dijelaskan oleh Kementerian Agama.

"Untuk hal yang operasional dari ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Agama, itu nanti akan dibahas lebih detail tentang operasional dengan Kementerian dan Lembaga yang terkait yaitu Kemenko PMK dan Kemenko Polhukam, Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, Kemen terian Perhubungan, kemudian juga kementeriannya ditambah,Kementerian Dalam Negeri. Kemudian untuk lembaganya melibatkan TNI, Polri, dan BNPB selaku bagian dari Gugus Tugas," ucap Muhadjir.

Kunjungi Indonesia Timur, Menko PMK Dorong Rehabilitasi Rumah Adat Papua

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata
 
×
×