logo


Tips Jitu Melatih Fungsi Otak Saat Olahraga

kesehatan mental dapat mempengaruhi seseorang dalam mencapai level tertinggi

9 Juli 2020 08:00 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM- Psikolog olahraga, Justin Ross mengatakan bahwa kesehatan mental atau pikiran dapat membantu seseorang dalam mencapai level tertinggi. Latihan kesehatan mental dapat dilakukan saat olahraga maupun diluar waktu olahraga.

"Ini dapat membantu membentuk komitmen yang lebih besar untuk mempertahankan rutinitas olahraga, meningkatkan kepuasan keseluruhan selama latihan dan membantu kita mendapatkan perspektif yang lebih luas tentang seberapa efektif olahraga pada keadaan kesejahteraan kita secara keseluruhan," kat Ross seperti dilansir Livestrong, Kamis (9/7/2020).

Lantas bagaimana cara melatih kesehatan mental atau fungsi otak?


Gemar Bersepeda, Waspadai Beberapa Efek Sampingnya!

1. Menentukan tujuan.

Sebelum berolahraga anda perlu menentukan tujuan dan fokus terhadap rencana. Selain itu, pahami pentingnya sesi latihan untuk kesehatan dan kesejahteraan hidup.

"Membuat alasan jadi jelas juga membantu anda mencapai pemahaman yang lebih baik akan apa yang benar-benar anda capai. Kebanyakan, latihan dan olahraga adalah proses mencari jati diri. Ini membantu untuk mengingatkan anda dari waktu ke waktu," ujar Ross.

2. Sadar dengan apa yang diucapkan

Mulailah bicara dengan diri sendiri dengan narasi positif yang menjadi favorit anda. Perhatikan hal-hal yang ada di pikiran anda, apa yang anda pikirkan sebelum sesi latihan akan masuk saat sesi latihan dan mengubah pikiran saat mulai merasa lelah.

3. Latihan kesadaran

Kesadaran merupakan upaya menghubungkan momen sekarang dengan belajar mengontrol apa yang bisa dikontrol. Kesadaran dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa cemas, ketakutan, dan rasa sakit. Ambil bebarapa menit untuk latihan napas panjang dan relaksasikan.

"Di luat latihan, melatih minfulness (kesadaran) tidak perlu terlalu intensif. Manfaat bisa dimulai dari setidaknya 5-10 menit per hari secara konsisten selama beberapa minggu," ujar Ross.

Polemik Selesai, Shin Tae Yong Diharapkan Kembali ke Jakarta Awal Juli

Halaman: 
 
×
×