logo


Kritik Keputusan AS Mundur dari WHO, China: Meremehkan Upaya Melawan Corona

AS lapor ke PBB ingin keluar dari WHO

9 Juli 2020 06:30 WIB

Donald Trump
Donald Trump istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengatakan bahwa AS secara resmi keluar dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Hal tersebut, diketahui setelah Trump melapor ke Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Selasa (7/7/2020). Diketahui, AS secara efektif resmi keluar dari WHO pada 6 Juli 2021.

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhai Lijian mengatakan bahwa keputusan AS mengundurkan diri dari WHO memperlihatkan bahwa negara telah melanggar perjanjian.

"(pengunduran AS dari keanggotaan WHO) sama saja meremehkan upaya melawan pandemi yang dilakukan oleh seluruh dunia dan khususnya memiliki dampak buruk terhadap negara-negara berkembang yang sangat membutuhkan dukungan internasional," kata Zhai dalam jumpa pers di Beijing, seperi dilansir Associated Press, Rabu (8/7/2020).


FBI Sebut Pemerintah China Mulai Lakukan Operasi "Fox Hunt", Apa Itu?

Sementara, Juru Bicara urusan luar negeri koalisi pemerintahan Jerman, Juergen Hardt yang menyatakan keputusan AS keluar dari WHO akan membuat upaya reformasi lembaga menjadi rumit.

"Sebagai penyandang dana terbesar, kepergian AS meninggalkan kekosongan. Dan dampaknya China akan mencoba mengisi kekosongan itu. Hal itu akan semakin membuat proses reformasi di lembaga itu semakin rumit," ujarnya.

Konflik Perbatasan India-China Mereda, Lembah Galwan Tampak Kosong

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati
 
×
×