logo


Rencana Pembubaran 96 Lembaga, Bamsoet Ingatkan Kemenpan-RB Pertimbangkan Nasib Pegawai

Bamsoet mendorong agar dilakukan kompetensi terlebih dahulu sebelum rencana tersebut benar-benar dilaksanakan.

8 Juli 2020 18:16 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM- Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) menanggapi rencana Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo yang tengah mengkaji untuk membubarkan 96 lembaga negara dari berbagai bidang.

Bamsoet mendorong agar dilakukan kompetensi terlebih dahulu sebelum rencana tersebut benar-benar dilaksanakan.

“Saya mendorong agar sebelum rencana tersebut dilaksanakan, dilakukan kajian kompetensi dengan analisa jabatan sehingga putusan yang diambil mengenai perampingan/pembubaran lembaga negara (LN) dilakukan sudah berdasarkan kajian yang komprehensif,” ujar Bamsoet di Jakarta, Rabu (8/7/2020).


Inovasi SIGAHTAN di Polres Jakarta Barat Raup Apresiasi

Politisi Partai Golkar ini juga mendorong Kemenpan-RB agar mengevaluasi lembaga-lembaga maupun komisi yang urgensinya belum maksimal.

“Sehingg Kemenpan-RB memiliki parameter untuk menentukan lembaga yang dapat dibubarkan, di merger maupun yang tetap dilanjutkan,” tuturnya.

Tak hanya itu, Bamsoet juga mendorng Kemenpan-RB memberikan kesempatan kepada pimpinan 96 Lembaga Negara yang dianggap kinerjanya tidak maksimal untuk menjelaskan kondisi sebenarnya agar putusan yang diambil dapat diterima semua pihak.

”Saya Kemenpan-RB untuk mempertimbangkan nasib pegawai yang lembaga tempatnya bekerja dilakukan perampingan, mengingat kondisi saat ini cukup berat ditengah pandemi Covid-19,” tukasnya.

Soal Pemangkasan Jabatan Eselon, Tjahjo Kumolo: Paling Lama Satu Tahun

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar
 
×
×