logo


Gugatan Rachmawati Dikabulkan MA, PA 212 Desak MPR Segera Lengserkan Jokowi dan Ma'ruf Amin

Novel menyatakan pihaknya akan terus mengawal putusan MA itu hingga MPR menggelar Sidang Istimewa untuk mengeksekusinya.

8 Juli 2020 15:55 WIB

Wakil Ketua Advokat Cinta Tanah Air (ACTA), Habib Novel Bamukmim
Wakil Ketua Advokat Cinta Tanah Air (ACTA), Habib Novel Bamukmim Jitunews/Khairul Anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Persaudaraan Alumni (PA) 212 meminta Majelis Permusyawaratan Rakyat atau MPR RI untuk segera memakzulkan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Hal itu menyusul putusan Mahkamah Agung yang mengabulkan gugatan Pilpres yang diajukan Rachmawati Soekarnoputri.

“Putusan MA kami sangat mengapresiasinya namun sebagai anak bangsa yang banyak elemen ini,” kata Ketua Media Center PA 212 Novel Bamukmin, dikutip dari PojokSatu.id, Rabu (8/7).


Sering Kritik Pemerintah, Amien Rais Disebut 'Ngebet' Jadi Presiden

Novel menyatakan pihaknya akan terus mengawal putusan MA itu hingga MPR menggelar Sidang Istimewa untuk mengeksekusinya.

“Khusus MPR, harus segera bisa mengeksekusi putusan MA dengan menggelar Sidang Istimewa untuk melengserkan presiden dan wakilnya,” ungkapnya.

Sebelumnya, MA mengabulkan gugatan Rachmawati terkait aturan pemenang pilpres.

Persoalan ini bermula dari gugatan Rachmawati ke MA terkait Pasal 3 ayat (7) Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) soal Penetapan Pasangan Calon Terpilih, Penetapan Perolehan Kursi, dan Penetapan Calon Terpilih Dalam Pemilu.

Dalam aturan itu, dinyatakan jika terdapat dua pasangan calon (paslon) dalam pemilu presiden dan wakil presiden, KPU menetapkan paslon yang meraup suara terbanyak sebagai paslon terpilih.

MA menilai aturan tersebut bertentangan dengan UU 7/2017 tentang Pemilu yang telah mengatur penetapan pemenang pilpres apabila memperoleh suara lebih dari 50 persen dari jumlah suara dalam pilpres, dengan sedikitnya 20 persen suara di tiap provinsi yang tersebar di lebih dari setengah jumlah provinsi di Indonesia.

Soroti 'Rumah Sakit Tanpa Kelas', Novel Bamukmin Dicap Sangat Fobia PKI

Halaman: 
Penulis : Iskandar
 
×
×