logo


Pemerintah Borong Pesawat AS Rp 28 T, DPR: Jangan Sampai Terjadi Kerusakan

DPR sebut perawatan peralatan tempur sangat diutamakan meskipun alatnya canggih

8 Juli 2020 07:45 WIB

Pesawat tempur milik Rusia
Pesawat tempur milik Rusia Al Jazeera

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Pemerintah melalui Kementerian Pertahanan (Kemenhan) akan membeli delapat pesawat militer Amerika Serikat (AS) senilai Rp 28,8 triliun. Selain itu, juga akan memborong 20 buah penerima peringatan rudal, sistem navigasi udara, 24 buah AE 1107C Rolls Royce Engine, 20 sistem navigasi lintas udara dan 20 senjata mesin jenis M-240-D 7.64mm.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono mendukung penuh pembelian alutsista tersebut. Meski demikian, ia mengingatkan bahwa peralatan tempur secanggih apapun akan percuma jika tidak ada perawatan yang baik.

"Perawatannya jangan sampai harwatnya rendah, akhirnya pesawat itu baru berapa tahun terjadi kerusakan. Itu yang harus diperhatikan," kata Dave seperti dilansir CNNIndonesia.com, Selasa (7/7/2020).


New Normal, Berikut Tips Aman Perawatan Kecantikan di Salon

Politisi Partai Golkar ini juga meminta Indonesia belajar teknologi pembuatan pesawat tersebut. Sehingga kedepannya, Indonesia tidak ketergantungan dengan pesawat luar negeri.

"Pastikan laporan pembelian itu ada tingkat kandungan lokalnya dan ada transfer teknologi. Jangan semua kita tergantung kepada negara pesawat tersebut," pungkasnya.

Sejumlah Jet Tempur Su-27 Rusia Berhasil Halau Dua Pesawat Militer AS di Laut Hitam

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati
 
×
×