logo


Diduga Menjual Informasi Rahasia Negara, Seorang Mantan Jurnalis Rusia Ditahan

Rusia menahan Safronov, seorang mantan jurnalis yang kini bekerja untuk Roscosmos, agen luar angkasa Rusia

7 Juli 2020 21:30 WIB

Safronov, seorang mantan jurnalis Rusia yang ditahan karena tuduhan pengkhianatan negara
Safronov, seorang mantan jurnalis Rusia yang ditahan karena tuduhan pengkhianatan negara reuters

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Pihak keamanan Rusia dikabarkan menahan seorang mantan jurnalis yang bekerja di sebuah agen luar angkasa Rusia atas tuduhan pengkhianatan usai membeberkan sejumlah rahasia militer kepada salah satu negara anggota NATO.

"Safronof, yang telah melakukan sebuah tugas dengan sebuah badan intelijen dari salah satu anggota negara NATO, telah mengumpulkan dan memberikan informasi kepada perwakilan negara tersebut mengenai kooperasi teknis militer dan mengenai keamanan dan pertahanan Federasi Rusia," kata Badan intelijen Rusia, FSB, dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Reuters pada Selasa (7/7).

Kuasa hukum, Oleg Eliseyev, mengatakan bahwa Safronov tersebut berada dalam penahanan FSB namun ia belum diberikan akses untuk menemui kliennya tersebut.


Pompeo Sebut AS Pertimbangkan Pemblokiran Aplikasi TikTok

Safronov sendiri diketahui merupakan mantan seorang jurnalis yang bekerja untuk surat kabar Kommersant dan Vedomosti.

Sementara itu, Roscosmos, agen luar angkasa Rusia, mengatakan bahwa kasus Safronov tersebut tidak ada sangkut pautnya dengan pekerjaannya sebagai penasihat media Direktur Jenderal Dmitry Rogozin.

Rogozin mengatakan kepada TASS bahwa Safronov tidak memiliki akses kepada informasi rahasia.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan bahwa ia tidak percaya bahwa tuduhan yang ditujukan kepada Safronov berkaitan dengan pekerjaannya sebelumnya yaitu saat menjadi seorang jurnalis.

"Kami tahu bahwa badan kontra-intelijen mempunyai banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, dan mereka telah melakukan pekerjaan yang sangat bagus," ujar Peskov.

WHO: Tak Mungkin Lakukan Sosial Distancing dalam Pesawat Terbang

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×