logo


Serangan AS terhadap Qasem Solemani Melanggar Hukum Internasional

Dewan HAM PBB menyatakan bahwa AS telah melanggar hukum internasional karena telah menewaskan Jenderal militer Iran, Qasem Solemani

7 Juli 2020 20:00 WIB

Tempo.co

TEHERAN, JITUNEWS.COM - Tewasnya salah satu petinggi militer Iran, Qasem Solemani dalam sebuah serangan drone AS pada awal bulan Januari lalu menunjukkan adanya pelanggaran hukum internasional. Hal tersebut disampaikan oleh para penyelidik pada Dewan HAM PBB pada Senin (6/7).

Agnes Callamard, salah satu penyelidik dalam investigasi khusus PBB tersebut menyatakan bahwa AS telah gagal menyediakan bukti yang kuat terkait mengapa serangan terhadap Solemani tersebut harus dilakukan. Ia menilai serangan tersebut jelas melanggar piagam PBB.

"Dunia tengah berada dalam waktu yang kritis...terkait penggunaan drone.... Dewan Keamanan PBB seakan hilang dalam aksinya; komunitas internasional, terpaksa atau tidak, tetap terdiam," ujar Callamard dikutip dari Reuters pada Selasa (7/7).


Turki akan Membalas Jika Uni Eropa Jatuhkan Sanksi Tambahan terhadap Ankara

Callamard berencana segera membawa hasil penyelidikannya tersebut kepada Dewan HAM PBB, sehingga memungkinkan untuk dikaji oleh segenap anggota yang berasal dari berbagai negara. Amerika Serikat sendiri diketahui telah keluar dari badan tersebut dua tahun lalu.

"Mayor Jenderal Qasem Solemani saat itu masih bertugas dalam strategi dan sejumlah aksi militer Iran di Suriah dan Irak. Namun, tidak adanya bukti ancaman (dari Solemani), membuat tindakan AS tersebut melanggar hukum," imbuhnya.

Israel Luncurkan Satelit Mata-mata Terbarunya

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×