logo


Isu Reshuffle Kabinet, Pengamat: Sulit Susi Pudjiastuti Masuk Lagi

Alasannya, Susi tak masuk dalam skenario politik Jokowi lagi.

7 Juli 2020 16:45 WIB

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Jitunews/Latiko A.D

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Jakarta, Ujang Komarudin mengungkapkan kemungkinan kecil mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bisa merapat ke kabinet pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Alasannya, Susi tak masuk dalam skenario politik Jokowi lagi.

"Sulit Susi Pudjiastuti masuk lagi. Karena Susi tak menjadi (masuk) skenario politik Jokowi lagi," ujar Ujang, dikutip dari Tagar pada Selasa (7/7).

Tak cukup Susi, Ujang menilai para menteri yang tidak berlanjut di periode kedua Jokowi tidak akan mendapat peluang untuk masuk kabinet.


Susi Pudjiastuti: Saya Rakyat Biasa yang Tidak Rela Bibit Lobster Diekspor

"Menteri yang tak dipake Jokowi, tidak akan dipake lagi," jelas dia.

Namun, pendapat Ujang tak sejalan dengan Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah. Dia menyebutkan beberapa tokoh yang diharapkan publik dengan persepsi tertinggi ada pada Susi Pudjiastuti sebanyak 37,2 persen, Arief Yahya 32,2 persen, dan Dahlan Iskan 31,4 persen.

"Tiga nama teratas tersebut memiliki rekam jejak cukup baik di mata publik, sehingga kembali diinginkan untuk masuk dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju," kata Dedi.

Selain itu, beberapa menteri yang menjabat di periode sebelumnya diinginkan untuk kembali, yaitu Rizal Ramli 28,8 persen, Ignasius Jonan 27,1 persen, dan Hanif Dhakiri 0,9 persen.

Pratikno Lontarkan Kata 'Bagus' Empat Kali, Pakar Gestur: Isu Reshuffle Masih Relevan

Halaman: 
Penulis : Iskandar
 
×
×