logo


Mahfud Persilakan Demo Tolak RUU HIP Digelar Lagi, Asalkan...

Demo dipersilakan asal jangan destruktif dan ikuti protokol kesehatan.

7 Juli 2020 15:30 WIB

Mahfud MD
Mahfud MD Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Menko Polhukam Mahfud MD menegaskan tak akan melarang masyarakat untuk menggelar aksi unjuk rasa terkait Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP).

Namun, Mahfud memberikan catatan terhadap pendemo agar bisa melakukan aksi secara damai dan menerapkan protokol pencegahan Covid-19.

"Jika mau demo tidak apa-apa itu menunjukan demokrasi tumbuh, kita tidak akan menghalangi demo. Demo silakan asal jangan destruktif dan ikuti protokol kesehatan," kata Mahfud MD di Jakarta, dikutip dalam siaran persnya, Senin (6/7).


Sebut Pemerintah Sudah Tolak RUU HIP, Mahfud Heran Masih Ada Demo

Menurutnya, pemerintah sudah menyatakan sikap untuk menunda pembahasan RUU HIP. Mantan Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) itu juga meminta DPR kembali mempertimbangkan dan menyerap aspirasi masyarakat.

Terkait usulan pengalihan RUU HIP menjadi RUU BPIP, Mahfud menerangkan bakal membicarakannya lebih lanjut.

"Ada atau tidak ada undang-undang kan sudah ada BPIP. Nah kalau sekarang mau ditingkatkan menjadi undang-undang silakan saja. Karena tidak ada yang secara prinsip menentang ideologi Pancasila. Itu hanya organisasi yang wajib menyosialisasikan dan membumikan Pancasila di dalam kehidupan bernegara, bukan dengan tafsir baru," ujarnya.

Pemerintah Tunda Pembahasan RUU HIP, Mahfud Jelaskan Alasannya

Halaman: 
Penulis : Iskandar
 
×
×