logo


Kominfo Minta Operator Seluler Lakukan Investigasi Terkait Kebocoran Data Pelanggan

Johnny mengimbau masyarakat untuk merahasiakan dan menyimpan data pribadi

7 Juli 2020 10:08 WIB

Johnny G. Plate
Johnny G. Plate Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate meminta penyelenggara jaringan bergerak seluler untuk melakukan investigasi internal terkait adanya indikasi kebocoran data pelanggan.

"Kementerian Kominfo telah meminta kepada penyelenggara jaringan bergerak seluler terkait, untuk melakukan investigasi internal dan menelusuri apakah telah terjadi pencurian atau kebocoran data pelanggan telekomunikasi seluler. Diharapkan hasil investigasi ini dapat segera disampaikan," ujar Johnny di Jakarta, Senin (6/7).

Menurutnya, penyelenggara jaringan bergerak seluler selaku badan usaha wajib patuh pada peraturan perundang-undangan. Johnny mengatakan pelaksanaan registrasi pelanggan jasa telekomunikasi telah diatur dalam Permenkominfo Nomor 12 Tahun 2016 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi.


Hormati Putusan, Pemerintah Jokowi Batal Ajukan Banding Terkait Kasus Blokir Internet Papua

Johnny menegaskan sesuai dengan ketentuan Pasal 17 ayat (3) dan ayat (5) Peraturan Menteri Kominfo 12/2016, penyelenggara jaringan bergerak seluler wajib merahasiakan data dan/atau identitas pelanggan serta wajib memiliki sertifikasi paling rendah ISO 27001 untuk keamanan informasi dalam mengelola data pelanggan.

Berdasarkan pantauan Kementerian Kominfo, penyelenggara jaringan bergerak seluler telah memiliki sertfikasi ISO 27001. Sertifikasi manajemen keamanan informasi itu mensyaratkan adanya implementasi kontrol keamanan spesifik untuk melindungi aset informasi dan seluruh gangguan keamanan, termasuk potensi kebocoran data.

Bendera PDIP Dibakar Massa, NasDem: Aspirasi Bisa Disalurkan dengan Cara yang Elegan

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata
 
×
×