logo


Siap Dipasarkan, Kementan Bantah Kalung Kayu Putih Sebagai Obat Corona

Kementan sebut kayu putih memiliki kemampuan membunuh virus influenza

6 Juli 2020 06:00 WIB

Kalung Anti Corona yang diluncurkan oleh Kementan
Kalung Anti Corona yang diluncurkan oleh Kementan ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Publik tengah heboh dengan inovasi yang diluncurkan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) terkait kalung kayu putih yang diklaim sebagai penangkal virus corona. Banyak pihak yang mempertanyakan keefektifan kalung tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Balai Besar Penelitian Veteriner Kementan, Indi Dharmayanti menjelaskan bahwa kalung kayu putih (eucalyptus) bukan obat ineksi corona. Meski demian, pihaknya akan memasarkan kalung kayu putih tersebut melalui pihak swasta.

"Dalam waktu dekat mungkin akan dipasarkan melalui perusahaan swasta," kata Indi Dharmayanti dalam keterangan tertulisnya seperti yang dilansir CNNIndonesia.com, Minggu (5/7/2020).


Sejumlah Daerah Takut Kurva Corona Naik, Wagub DKI: Kalau Kami, Kami Kejar

Indi menjelaskan bahwa inovasi kalung kayu putih yang berbahan dasar tanaman eucalyptus tersebut masih dalam tahap invitro dengan proses penelitian yang panjang. Ia mengatakan eucalyptus memiliki kemampuan membunuh virus Covid-19.

"Sebenarnya bukan obat untuk corona, karena riset masih terus berjalan. Tapi ini adalah ekstrak dengan metode desilasi untuk bisa membunuh virus yang kita gunakan di laboratorium. Toh, sesudah kita lakukan screening ternyata eucalyptus ini memiliki kemampuan  membunuh virus influenza bahkan corona," tandasnya.

Pantau Percepatan Penanganan Covid-19, Menko PMK Kunjungi Indonesia Timur

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati