logo


Trump: 99% Kasus Covid-19 Tidak Berbahaya

Donald Trump mengklaim strateginya dalam menangani virus Covid-19 di AS telah berjalan dengan baik

5 Juli 2020 11:00 WIB

Donald Trump
Donald Trump istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengklaim bahwa 99% kasus virus Corona Covid-19 sangat tidak berbahaya. AS sendiri kini tengah mengalami peningkatan jumlah kasus Covid-19 yang signifikan.

Dalam sebuah pidato di Gedung Putih pada perayaan hari kemerdekaan AS, Sabtu (4/7), Trump mengklaim bahwa strategi yang ia lakukan guna menghentikan laju penyebaran Covid-19 di AS telah berjalan dengan baik meskipun terjadi peningkatan kasus di sejumlah negara bagian.

Ia sebelumnya menyebut virus Sars-Cov-2, yang mengakibatkan Covid-19, sebagai 'wabah buruk yang berasal dari China' dan memperingatkan Beijing untuk bertanggung jawab atas penyebaran virus Covid-19 ke seluruh dunia.


Pengamat Prediksi Pakistan Bakal Ikut Terseret dalam Konflik India-China

Trump mengatakan bahwa saat ini AS telah melakukan pemeriksaan Covid-19 kepada 40 juta penduduk.

"Dengan melakukan hal ini, kita menunjukkan kasus, 99% kasus Covid-19 tidak berbahaya sama sekali," kata Trump dikutip dari Sky News pada Minggu (5/7).

"Rahasia, tipu daya dan upaya menutupi oleh China membuat virus tersebar ke seluruh dunia, ke 189 negara," lanjutnya.

Menurut data Universitas Johns Hopkins, AS sejauh ini telah melaporkan 2.8 juta kasus Covid-19 dengan tingkat kematian hampir mencapai 130 ribu. Florida dan Texas masing-masing melaporkan adanya peningkatan jumlah kasus harian hingga 20 ribu kasus pada Sabtu (4/7).

"Sekarang perjuangan kita keluar dari (wabah) ini hampir selesai," tukas Trump.

Sukses Tangani Pandemi Covid-19, Gubernur Tokyo Kandidat Kuat Calon Perdana Menteri Jepang

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia