logo


Sukses Tangani Pandemi Covid-19, Gubernur Tokyo Kandidat Kuat Calon Perdana Menteri Jepang

Yuriko Koike, Gubernur Tokyo difavoritkan untuk menjadi calon perdana menteri Jepang 2021

5 Juli 2020 10:18 WIB

Gubernur Tokyo, Yuriko Koike
Gubernur Tokyo, Yuriko Koike asia times

TOKYO, JITUNEWS.COM - Gubernur Tokyo, Yuriko Koike, difavoritkan untuk kembali terpilih pada pilkada Jepang karena keberhasilannya dalam menangani situasi wabah Covid-19 di ibukota Jepang tersebut meskipun belakangan ini terjadi peningkatan jumlah kasus infeksi.

Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh Sunday's Poll, Koike juga disebut sebagai calon kuat untuk kandidat perdana menteri Jepang, meneruskan Shinzo Abe yang masa kepemimpinannya akan berakhir pada September 2021 mendatang.

Namun, Koike menegaskan bahwa untuk saat ini ia tengah fokus untuk melindungi keselamatan 14 juta penduduk yang tinggal di Tokyo, sebuah kota dengan ekonomi mencapai USD 1 Triliun.


Hillary Clinton Sebut Dirinya Lebih Baik daripada Donald Trump soal Penanganan Pandemi

"Perjuangan melawan virus Corona bagi masyarakat Tokyo adalah tanggung jawab pertama dan yang paling utama bagi saya," ujarnya dikutip dari Al Jazeera pada Minggu (5/7).

Koike mengatakan bahwa Jepang seharusnya memiliki sebuah badan pusat pencegahan dan penanganan penyakit menular, seperti yang dimiliki oleh AS dengan CDC-nya. Ia juga tengah menggalang dukungan publik agar Olympiade Tokyo yang saat ini ditunda karena pandemi, nantinya digelar dengan lebih sederhana.

Pengamat Prediksi Pakistan Bakal Ikut Terseret dalam Konflik India-China

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia