logo


Pengamat Prediksi Pakistan Bakal Ikut Terseret dalam Konflik India-China

Pakar menyebut bahwa Konflik perbatasan China dan India bisa meningkatkan ketegangan India-Pakistan

5 Juli 2020 08:00 WIB

Pegunungan Himalaya
Pegunungan Himalaya istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sejumlah pakar meyakini ketegangan yang terjadi antara pasukan China dan India dalam memperebutkan wilayah perbatasan di pegunungan Himalaya membuat peningkatan potensi terjadinya perang dingin antara China dengan sejumlah negara sekutu Amerika Seikat di kawasan Indo-Pasifik.

Dengan mengerahkan pasukan untuk menekan dan menambah klaim di kawasan Lembah Galwan di Ladakh, China telah secara signifikan meningkatkan kemungkinan adanya konflik lanjutan antara Pakistan dan India di kawasan Asia Selatan.

"Saya pikir konflik (baru) adalah sebuah kemungkinan yang riil. Untuk China, tidak ada dorongan untuk memulai perang dengan India terkait masalah Kashmir. Mereka memiliki masalah yang lebih besar...mengenai perubahan keseimbangan kemampuan (militer) di LAC (perbatasan India-China) yang akan menjadi pemicunya," ujar Harsh V. Pant, seorang profesor di King’s College London, dikutip dari SCMP pada Minggu (5/7).


China Peringatkan Kanada Tak Ikut Campur Soal Hong Kong

Sejak India melakukan serangan udara terhadap kamp militer Pakistan pada Februari 2019 lalu, dan secara sepihak melakukan perluasan wilayah perbatasan di Kashmir pada bulan Agustus, hubungan India-Pakistan kian memanas.

Kedua belah pihak saling menarik dubes mereka dan menghentikan komunikasi bilateral pada 2019, dimana pada pekan lalu, puluhan staf Kedubes kedua negara di New Delhi dan Islamabad diusir karena diduga melakukan aksi spionase.

"Kita tidak bisa memisahkan krisis yang terjadi di Ladakh dengan masalah sengketa Kashmir. Selama ketegangan perbatasan China-India meningkat, perbatasan India-Pakistan juga akan turut memanas," ujar Michael Kugelman, pengamat di Wilson Center.

Hillary Clinton Sebut Dirinya Lebih Baik daripada Donald Trump soal Penanganan Pandemi

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×