logo


China Gelar Latihan Militer di Laut China Selatan, AS Kirim Dua Kapal Induk

AS mengirimkan dua kapal induk, sejumlah kapal perang dan belasan pesawat tempur di Laut China Selatan

4 Juli 2020 11:25 WIB

Ilustrasi Sejumlah kapal perang di Laut China Selatan
Ilustrasi Sejumlah kapal perang di Laut China Selatan voa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Amerika Serikat dikabarkan mengerahkan dua kapal induk mereka, USS Ronald Reagan dan USS Nimitz, ke Laut China Selatan pada Sabtu (4/7) ini, saat China tengah menggelar latihan militer di wilayah perairan tersebut.

"Tujuannya adalah untuk menunjukkan sebuah sinyal jelas bagi negara rekan dan sekutu bahwa kami sangat berkomitmen untuk menjaga stabilitas dan keamanan kawasan tersebut," ujar petinggi Angkatan Laut AS, George M. Wikoff, dikutip dari Reuters pada Sabut (4/7).

Sebelumnya, Pentagon mengecam langkah China yang menggelar latihan militer di Laut China Selatan. Mereka menilai langkah China tersebut memperkeruh situasi dan stabilitas kawasan yang selama ini menjadi sengketa.


Penasihat Ekonomi Trump Sebut China Kirim Ratusan Ribu Warganya Sebarkan Virus di AS

China membantah kritikan tersebut dengan tetap menggelar kegiatan militernya, dan menyebut AS-lah yang telah memanaskan situasi.

Wikoff tidak menjelaskan lokasi tepatnya dimana dua kapal induk AS tersebut akan diterjunkan. Menurut Wall Street Jurnal menyebut bahwa mereka juga akan menyertakan empat kapal perang lainnya lengkap dengan sejumlah persenjataan, termasuk belasan unit pesawat tempur.

China sendiri sebelumnya mengumumkan bahwa mereka akan menggelar latihan militer selama 5 hari di perairan di dekat Pulau Paracel, sebuah pulau yang merupakan penyebab ketegangan antara China dan Vietnam. Latihan perang China tersebut juga mendapat kecaman dari sejumlah negara tetangga, termasuk Filipina dan Vietnam.

Tak Masuk Daftar 'Hijau' Aturan Karantina Inggris, Portugal: Sangat Tidak Adil

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×