logo


Isu TKA China Bakal Jajah RI, Ini Kata Luhut

Selain membantah isu tersebut, Luhut mengatakan bahwa TKA China itu bisa melakukan hal yang belum bisa dilakukan oleh tenaga kerja lokal.

4 Juli 2020 04:45 WIB

Luhut Panjaitan
Luhut Panjaitan BeritaCAS

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menanggapi isu yang tengah merebak soal kedatangan TKA China akan menjajah Indonesia. Dia menegaskan bahwa anggapan tersebut keliru.

"Tidak benar pendapat yang mengatakan TKA akan menjajah kita. Tidak seperti itu. Tidak ada pikiran seperti itu sama sekali. Mereka melakukan hal yang kita belum bisa lakukan," kata Luhut saat meninjau industri alumina di Bintan, dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan, Jumat (3/7).

Luhut mengatakan, TKA ini nantinya akan mentransfer teknologi dan pengetahuan kepada pekerja Indonesia. Dia memastikan fungsi yang dijalankan oleh tenaga asing tetap melibatkan pekerja dalam negeri agar industri di Indonesia dapat berkembang pesat.


Pentagon Khawatir China Militerisasi Laut China Selatan

"Tenaga kerja asing tidak bakal selamanya bekerja di kawasan industri tersebut," jelasnya.

Sebelumnya, Luhut menerangkan peran penting tenaga kerja asing (TKA) dari China yang bakal masuk ke Indonesia, tepatnya bekerja di daerah Sulawesi Tenggara.

Luhut menilai ada sejumlah sektor pekerjaan yang belum bisa digarap oleh tenaga kerja lokal, salah satunya merakit mesin mutakhir nan canggih. Oleh karena itu, TKA asal China ini akan menjalani pekerjaan yang sebelumnya tak dapat dilakukan.

AS Ikut Campur soal Hong Kong, China Siapkan Aksi Balasan

Halaman: 
Penulis : Iskandar
 
×
×