logo


Kecolongan Djoko Tjandra, Yasonna Sebut Kemungkinan Adanya Jalan Tikus

Djoko Tjandra, buron BLBI yang juga terpidana kasus 'cessie' Bank Bali diketahui sempat kembali ke Indonesia.

3 Juli 2020 13:30 WIB

Yasonna Laoli
Yasonna Laoli Kompas

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly menjelaskan pihaknya tak menerima laporan bahwa buron korupsi Bank Bali Djoko Sigoarto Tjandra kembali ke Indonesia. Ia menyebut adanya kemungkinan Djoko masuk ke Tanah Air melalui jalan tikus.

"Kemungkinannya pasti ada, kalau itu benar bahwa itu palsu atau tidak kita tidak tahu, melalui pintu pintu yang sangat luas di negara apa namanya itu pintu tikus, nah jalan-jalan tikus karena orang Indonesia juga ada yang lewat ke Kalimantan dan perbatasan itu kan lewat jalan seperti itu," kata Yasonna di Kompleks Parlemen RI, Senayan, Jakarta, Kamis (2/7).

Yasonna menambahkan, Kemenkumham telah memeriksa seluruh data orang yang masuk, baik lewat Bandar Udara maupun dermaga resmi. Akan tetapi, penelusuran itu membuahkan informasi bahwa Djoko Tjandra masuk Indonesia.


Akibat Corona, Potensi Kriminalitas Meningkat

"Jadi kita udah cek semua data permintaan kita baik laut, misal di Batam. Baik udara, Kualanamu, Ngurah Rai dan lakn itu gak ada sama sekali namanya Djoko Tjandra. Jadi nanti kita lihat betul betul yang pasti kalau dari segi pelintasan imigrasi sampai sekarang tidak ada," jelas Yasonna.

Untuk diketahui, Djoko Tjandra, buron BLBI yang juga terpidana kasus 'cessie' Bank Bali sebesar Rp 546 miliar termasuk dalam daftar buronan interpol sejak 2009. Kepala tim pemburu koruptor yang dijabat oleh Wakil Jaksa Agung, Darnomo, menyebut warga Indonesia itu resmi jadi warga Papua Nugini sejak Juni 2012.

Napi Asimilasi Berulah, Politikus Demokrat Minta Yasonna Tangung Jawab Secara Moral

Halaman: 
Penulis : Iskandar
 
×
×