logo


Mutasi Virus Covid-19, Dr Fauci Sebut Virus Jadi Lebih Mudah Menyebar

Dr Anthony Fauci, pakar penyakit menular sekaligus penasihat kesehatan Gedung Putih, menyebut virus Covid-19 telah mengalami mutasi sehingga lebih mudah menyebar

3 Juli 2020 12:04 WIB

Dr. Anthony Fauci
Dr. Anthony Fauci istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Penasihat Kesehatan Gedung Putih, Dr Anthony Fauci mengatakan bahwa virus Corona Covid-19 telah mengalami mutasi sehingga dapat lebih cepat menyebar.

Ia mengatakan bahwa para peneliti tengah melakukan riset untuk memastikan adanya kemungkinan mutasi dan dampaknya meskipun sejauh ini masih ada silang pendapat terkait hal tersebut.

Untuk diketahui, virus secara alamiah mengalami mutasi dan para peneliti sebelumnya menyatakan bahwa mereka telah mengamati adanya proses mutasi minor pada virus Sars-Cov-2, yang mengakibatkan penyakit Covid-19, yang belum berdampak cukup signifikan terhadap penyebaran virus tersebut ataupun dampak penyakit yang ditimbulkan.


Kim Jong Un Klaim Korea Utara Berhasil Halau Serangan Virus Covid-19

Kemungkinan adanya mutasi yang dikatakan oleh Fauci tersebut sebelumnya telah diungkapkan oleh para peneliti pada Los Alamos National Laboratory dalam sebuah artikel yang dirilis oleh jurnal cell pada Kamis (2/7). Pakar virus Scripps Research di Florida juga menyebut adanya mutasi yang terjadi pada virus Corona berpotensi meningkatkan kemampuan virus tersebut untuk berpindah dan menginfeksi manusia.

"Data yang ada menunjukkan adanya sebuah mutasi tunggal yang membuat virus mampu melakukan penggandaan lebih baik," ujar Fauci dalam sebuah wawancara dengan Dr Howard Baucher, dikutip dari CNBC internasional pada Jumat (3/7).

"Kami belum memihat adanya hubungan apakah mutasi tersebut membuat seseorang (yang terinfeksi) mengalami gejala yang lebih buruk atau tidak; (mutasi) ini tampaknya hanya membuat virus dapat menggandakan diri secara lebih baik dan lebih mudah menyebar," imbuh Fauci.

Pentagon Khawatir China Militerisasi Laut China Selatan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×