logo


Pentagon Khawatir China Militerisasi Laut China Selatan

Pentagon menyebut apa yang dilakukan oleh China di kawasan Laut China Selatan dapat meningkatkan situasi ketegangan di kawasan tersebut

3 Juli 2020 10:59 WIB

Ilustrasi Sejumlah kapal perang di Laut China Selatan
Ilustrasi Sejumlah kapal perang di Laut China Selatan voa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Departemen Pertahanan Amerika Serikat atau yang biasa dikenal sebagai Pentagon, mengaku sangat khawatir mengenai sepak terjang militer China di kawasan Laut China Selatan. Mereka mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh China tersebut akan membuat situasi di wilayah perairan tersebut menjadi tidak stabil.

"Menggelar sejumlah kegiatan militer di wilayah sengketa di Laut China Selatan merupakan sebuah langkah kontra-produktif terhadap upaya meredakan ketegangan dan mempertahankan stabilitas (kawasan)," ujar Pentagon dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Reuters pada Jumat (3/7).

Pada pekan lalu, China mengumumkan bahwa mereka akan menggelar latihan militer selama 5 hari yang dimulai pada 1 Juli di Laut China Selatan, dekat Palau Paracel, yang disengketakan oleh Vietnam dan China.


Trump Akhirnya Dukung Penggunaan Masker

"Latihan militer adalah upaya terbaru dari rangkaian panjang usaha China untuk menegaskan klaim mereka yang tentunya melanggar undang-undang dan merugikan sejumlah negara di kawasan Asia Tenggara," imbuhnya.

Amerika Serikat menuding China telah melakukan militerisasi di Laut China Selatan dan berupaya untuk mengintimidasi sejumlah negara di kawasan tersebut. AS menilai sumber permasalahan di kawasan tersebut adalah sumber daya alam yang terkandung di dalam Laut China Selatan, seperti cadangan minyak dan gas dalam jumlah besar.

Kim Jong Un Klaim Korea Utara Berhasil Halau Serangan Virus Covid-19

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia