logo


Kim Jong Un Klaim Korea Utara Berhasil Halau Serangan Virus Covid-19

Korea Utara hingga saat ini masih belum melaporkan satu pun kasus Covid-19

3 Juli 2020 10:05 WIB

Kim Jong-un
Kim Jong-un nikkei

SEOUL, JITUNEWS.COM - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, mengklaim bahwa negaranya berhasil menghentikan wabah virus Corona Covid-19. Media pemerintah Korea Utara, KCNA, pada Jumat (3/7) melaporkan bahwa hal tersebut ia sampaikan dalam sebuah pertemuan dengan Partai Buruh Korea Utara.

"Kita telah berhasil mencegah serangan virus dan mempertahankan situasi anti-pandemi meskipun seluruh dunia (saat ini) mengalami krisis kesehatan, yang mana hal ini merupakan sebuah kesuksesan yang gemilang," ujar Kim Jong-un dalam sebuah pernyataan yang dikutip oleh KCNA pada Jumat (3/7).

Kendati demikian, ia meminta masyarakat Korea Utara untuk selalu waspada dan tidak terlalu puas dengan hal tersebut karena ia akan terus mempertahankan status "waspada maksimum".


Lockdown Dicabut, Kasus Covid-19 di India Kembali Meledak

Pada Rabu (1/7), WHO mengatakan bahwa Korea Utara telah membuka kembali fasilitas pendidikan, termasuk sekolah, namun warga tetap dilarang untuk berkumpul di tempat-tempat umum. Selain itu, pemerintah juga mewajibkan penggunaan masker guna mencegah penyebaran virus.

Meskipun negara tersebut sejauh ini belum melaporkan satu pun kasus Covid-19, namun kementerian kesehatan Korea Utara telah melaporkan bahwa sedikitnya 922 orang telah menjalami pemeriksaan Covid-19 dan dinyatakan negatif. Ratusan orang lainnya, yang sebagian besar bekerja pada penanganan kargo di sejumlah pelabuhan dan perbatasan darat, telah menjalani karantina sebagai upaya pemantauan.

KCNA juga mengatakan bahwa Kim Jong Un telah mengerahkan kekuatan nasional untuk mempersenjatai fasilitas kesehatan di Korea Utara dengan peralatan dan perlengkapan yang canggih dan mumpuni, sesuai dengan standar internasional.

Trump Akhirnya Dukung Penggunaan Masker

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia