•  

logo


Australia Beri Sinyal Bakal Tawarkan Visa untuk Warga Hong Kong

Australia tampaknya akan mengikuti langkah Inggris terkait masalah status kependudukan warga Hong Kong

2 Juli 2020 15:55 WIB

Perdana Menteri Australia Scott Morrison
Perdana Menteri Australia Scott Morrison south china morning post

CANBERRA, JITUNEWS.COM - Perdana Menteri Australia, Scott Morrison pada Kamis (2/7) memberikan sinyal bahwa pemerintahannya kemungkinan akan mengikuti langkah Inggris yang menawarkan visa bagi warga Hong Kong usai China memberlakukan Undang-undang Keamanan Nasional baru di negara kota tersebut.

Inggris sebelumnya mengatakan bahwa mereka akan menawarkan status kewarganegaraan bagi warga Hong Kong yang bekerja dan tinggal setidaknya 5 tahun di Inggris.

Morrison, pada Kamis (2/7) menyatakan bahwa apa yang terjadi di Hong Kong sangatlah mengkhawatirkan dan pemerintah Australia bersiap untuk membuat langkah penyediaan dukungan bagi warga Hong Kong.


Perancis Sebut Ada Konsekuensi yang Harus Dibayar Israel Jika Nekat Perluas Wilayahnya di Tepi Barat

"Kami akan mempertimbangkan adanya permohonan yang telah saya buat...dan akan segera diselesaikan oleh kabinet guna menyediakan kesempatan yang serupa," ujar Morrison, dikutip dari Reuters pada Kamis (2/7).

Seperti diketahui, hubungan China dan Australia memanas usai Canberra mendesak digelarnya investigasi mengenai asal muasal virus Corona Covid-19.

Menteri Pertahanan Australia, Linda Reynolds, mengatakan bahwa negaranya tengah menghadapi penataan kembali strategi paling penting sejak akhir perang dunia II.

"Negara-negara semakin meningkatkan penggunaan taktik pemaksaan yang berada di bawah ambang konflik bersenjata, serangan dunia maya, campur tangan asing, dan tekanan ekonomi yang berupaya mengeksploitasi wilayah abu-abu antara perdamaian dan perang," katanya.

Kasus Covid-19 Meningkat, Apple Tutup 77 Outlet Mereka di AS

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia