logo


Tak Perlu Khawatir! Jamur Enoki Selain dari Korea Tetap Aman Dikonsumsi

Kementan sebut jamu enoki yang berasal dari Korea mengandung bakteri listeriosis

2 Juli 2020 16:15 WIB

jamur enoki
jamur enoki ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi mengumumkan bahwa jamur enoki yang diimpor dari Green Co Ltd. Korea Selatan ditemukan bakteri Listeria monocytogenes yang dapat menyebabkan penyakit Listeria. Meski demikian, ia menegaskan bahwa jamur enoki yang diimpor dari negara lain selain Korea tetap aman untuk dikonsumsi.

"Saat ini kita bisa aman mengkonsumsi jamur enoki yang bukan produksi Korea Selatan," kata Agung dalam konferensi pers di kantor Kementan, Jakarta, Kamis (2/7/2020).

Agung menegaskan bahwa jamur enoki yang berasal dari Korea Selatan telah ditarik peredarannya. Sementara, jamur enoki yang saat ini masih beredar di pasaran adalah jamur enoki yang berasal dari China dan aman untuk dikonsumsi.


Perhatikan Hal Berikut Sebelum Menyimpan Makanan di Dalam Kulkas

"Setelah melakukan pengecekan di toko-toko yang menjual jamur enoki, sampai hari ini dari Kalbar, Jambi, Ternate, Jakarta dan seterusnya mereka semua mengatakan bahwa jamur enoki asal Korsel sudah tidak ada di pasaran. Sudah ditarik semua dan tidak ada lagi asal Korsel," jelasnya.

Meski demikian, Agung mengimbau kepada masyarakat untuk mengolah jamur enoki dalam suhu minimal 75 derajat celsius. Waktu memasaknya kurang lebih selama 5 menit.

Produksi Pangan Disebut Aman Sepanjang 2020, Firman Soebagyo: Kementan Jangan Asal Klaim

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati
 
×
×