logo


Perancis Sebut Ada Konsekuensi yang Harus Dibayar Israel Jika Nekat Perluas Wilayahnya di Tepi Barat

Perancis mengecam rencana perluasan wilayah Isarel di Tepi Barat

2 Juli 2020 11:45 WIB

Wilayah Tepi Barat
Wilayah Tepi Barat istimewa

PARIS, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Perancis, Jean-Yves Le Drian, pada Rabu (1/7) mengatakan bahwa rencana perluasan wilayah Israel yang akan mencaplok sebagian kawasan Tepi Barat tentunya melanggar undang-undang internasional dan akan memunculkan konsekuensi yang harus dibayar oleh Israel.

"Pencaplokan wilayah teritori Palestina, apapun bentuknya, akan memunculkan pertanyaan tentang bagaimana konflik tersebut akan berakhir nantinya," ujar Jean-Yves Le Drian dikutip dari Reuters pada Kamis (2/7).

Ia memperingatkan bahwa apa semua tindakan akan memunculkan konsekuensi yang harus dihadapi, terutama bagi pihak Israel.


PM Inggris Minta Israel Batalkan Rencana Perluasan Wilayah di Tepi Barat

"Keputusan pencaplokan wilayah tidak akan bisa ditinggalkan begitu saja tanpa adanya konsekuensi dan kami terus memeriksa sejumlah opsi (konsekuensi) pada tingkat nasional dan juga akan berkoordinasi dengan sejumlah negara sahabat anggota Uni Eropa," imbuhnya.

Rencana perluasan wilayah Israel yang sedianya akan dilakukan pada awal bulan Juli ini diketahui telah menuai kritik dan kecaman dari dunia internasional. Sejumlah negara dan PBB memperingatkan bahwa keputusan Israel tersebut berpotensi memunculkan konflik di kawasan Timur Tengah.

Lawan Militan Houthi, Pasukan Koalisi Arab Saudi Mulai Operasi Militer di Yaman

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×