logo


Pansus DPD RI dan Kemendagri Sepakat Melanjutkan Dana Otsus Papua

Pansus Papua DPD RI dan Kemendagri RI juga sepakat untuk mendorong revisi terbatas terkait dengan pengelolaan Dana Otonomi Khusus yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus.

1 Juli 2020 20:40 WIB

istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) bersama Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) sepakat melanjutkan dana Otsus Papua dengan sejumlah perbaikan.

Ketua Pansus Papua DPD RI, Filep Wamafma mengatakan keberlanjutan dana Otsus dengan evaluasi menyeluruh.

“Ada perbaikan dari sisi regulasi, dan tata kelola penyalurannya hingga dampak dan manfaatnya” ujarnya dalam rapat kerja Pansus Papua DPD RI melalui virtual meeting dengan Kemendagri, Rabu (1/7/2020).


Sesalkan Larangan Berhijab di SD Manokwari, PPP: Konstitusi Tegas Melindungi Keyakinan Seseorang

Filep menambahkan bahwa Pansus Papua DPD RI dan Kemendagri RI juga sepakat untuk mendorong revisi terbatas terkait dengan pengelolaan Dana Otonomi Khusus yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus.

“Evaluasi menyeluruh juga dilakukan terhadap pelaksanaan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 dilakukan secara paralel setelah revisi terbatas selesai dilakukan,” tuturnya.

Menurutnya implikasi masalah Otsus yang terlihat antara lain pemerataan pembangunan belum tercapai, pelayanan publik belum membaik, pemanfaatan Dana Otsus tidak tepat sasaran, belum terbitnya sejumlah regulasi di tingkat daerah sebagai payung hukum pelaksanaannya.

“Tingkat kemiskinan masih tinggi, bagaimana dinamika Otsus dan bagaimana kelanjutan dana Otsus setelah tahun 2021, maka harus dicarikan solusinya seperti apa,” pungkasnya.

Polemik Mundurnya Wentius, Mahfud MD: Itu Biasa Saja

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar
 
×
×