logo


Cegah Ledakan Kasus Corona, RSKI Pulau Galang Siap Terima Pasien Surabaya

RSKI Pulau Galang dioptimalkan dengan merawat pasien corona dengan tingkat gejala sedang dari berbagai daerah

1 Juli 2020 20:26 WIB

Menko PMK Muhadjir Effendy saat memimpin Rapat Koordinasi Tingkat Menteri Pemanfaatan RSKI Pulau Galang yang digelar melalui telekonferensi, Selasa malam (30/6)\n.
Menko PMK Muhadjir Effendy saat memimpin Rapat Koordinasi Tingkat Menteri Pemanfaatan RSKI Pulau Galang yang digelar melalui telekonferensi, Selasa malam (30/6). Humas Kemenko PMK

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang di Kepulauan Riau (Kepri) bisa dimanfaatkan untuk pasien corona dari berbagai daerah dengan indikasi zona merah sampai hitam, khususnya dari Kota Surabaya, Jawa Timur. Ia juga mengatakan bahwa transportasi ke RSKI Pulau Galang telah disiapkan oleh pemerintah.

"Kita akan pertimbangkan bersama-sama, ini untuk mengurangi beban RS yang ada di Surabaya khususnya di RSUD dr Soetomo. Untuk pasien yang ringan atau sedang akan dikirim ke Pulau Galang dengan transportasi yang sudah disiapkan TNI AU," ujar Menko PMK saat memimpin Rapat Koordinasi Tingkat Menteri Pemanfaatan RSKI Pulau Galang yang digelar melalui telekonferensi, Selasa malam (30/6)

Muhadjir kembali menegaskan bahwa RSKI Pulau Galang bisa menjadi rujukan bagi pasien covid-19 dari berbagai daerah. Namun sesuai arahan Presiden Jokowi, pasien Covid-19 dari Surabaya menjadi prioritas. Hal tersebut, mengingat pasien Covid-19 di RS dr Soetomo, Surabaya telah overload.


Kasus Positif Tambah 1.385, 5 Wilayah Tak Ada Penambahan

"Karena memang arahan Presiden tidak harus Surabaya, sebetulnya. Tapi bisa saja dari luar. Terutama dari PMI, juga pasien dari Provinsi Kepri," ujarnya.

Diketahui, RSKI Pulau Galang di Kepulauan Riau (Kepri) telah ditetapkan sebagai salah satu RS rujukan untuk mengantisipasi ledakan kasus positif Covid-19. RSKI Pulau Galang sendiri terdiri dari 360 ruang rawat dengan 240 ruangan untuk orang dalam pemantauan (ODP), 100 ruangan untuk pasien dalam pemantauan (PDP) dan 20 ruangan isolasi bertekanan negatif.

Rasio Tes Corona di DKI Jakarta Tinggi, Anies Sebut Telah Melampui Standar WHO

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati
 
×
×