logo


Kasus Covid-19 Meroket, Fauci Sebut AS Perlu Berlakukan Lockdown Lagi

Dr Anthony Fauci menyatakan bahwa kebijakan lockdown parsial tidak efektif untuk mencegah terjadinya peningkatan kasus Covid-19 di AS

1 Juli 2020 09:38 WIB

Dr. Anthony Fauci
Dr. Anthony Fauci istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Ahli penyakit menular Amerika Serikat, Dr Anthony Fauci mengatakan bahwa penambahan kasus Covid-19 harian di AS bisa menembus lebih dari 100 ribu kasus jika pemerintah Donald Trump gagal menanganinya. Ia juga mengatakan bahwa kebijakan lockdown yang diterapkan secara parsial tidak akan efektif untuk mencegah penyebaran Covid-19 di seluruh penjuru negeri AS.

"Jelas saat ini kita belum memiliki kontrol penuh (terkait wabah)," ujar Fauci kepada Komite Senat, dikutip dari Reuters pada Rabu (1/7).

Kepala Institute Nasional Penyakit Menular dan Alergi AS tersebut mengatakan bahwa penambahan kasus harian yang kini mencapai 40 ribu kasus di AS bisa menembus angka 100 ribu jika pemerintah AS tak kembali menerapkan kebijakan pembatasan secara menyeluruh.


India Terima Ancaman Serangan Bom dari Teroris Pakistan

"Kita tidak bisa hanya berfokus pada area yang mengalami peningkatan kasus saja. Hal tersebut membuat seluruh negara akan terancam," ujarnya.

Fauci mengatakan bahwa tidak ada jaminan bahwa vaksin akan tersedia dalam waktu dekat ini.

"Semoga saja akan ada dosis (vaksin) yang tersedia pada awal tahun depan," imbuhnya.

Pada bulan Juni lalu, kasus Covid-19 di AS kembali meningkat di sejumlah negara bagian, termasuk Texas dan Florida. Menurut pantauan Reuters, sejumlah rumah sakit di Texas bahkan saat ini kekurangan persediaan peralatan dengan jumlah pasien yang hampir mencapai batas maksimal kapasitas.

Pentagon Tak Temukan Bukti Terkait Rumor Tawaran Uang Imbalan dari Rusia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia