logo


Sikap Jokowi ke Menteri Dipertontonkan, Pengamat Sebut Reshuffle Tanpa Bising Jauh Lebih Baik

Pangi melihat adanya kemungkinan kinerja pemerintahan yang belum maksimal itu menunjukkan kelemahan presiden dalam menjalankan roda pemerintahan.

1 Juli 2020 08:00 WIB

Presiden Jokowi di Rakornas Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah 2019
Presiden Jokowi di Rakornas Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah 2019 Antara

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Analis Politik Pangi Syarwi Chaniago ikut berkomentar soal isu reshuffle atau perombakan kabinet yang sempat dilontarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di sela kemarahannya kepada para menteri.

Menurutnya, langkah perombakan kabinet yang dilakukan dengan senyap dan berbasis kinerja jauh lebih berkelas dibandingkan mempublikasikan kejengkelan sang kepala negara.

"Jauh lebih baik dan terhormat langsung saja Reshuffle tanpa bising di ruang panggung publik," kata Pangi, dilansir dari Republika, Selasa (30/6).


Soal Reshuffle Kabinet, PDIP Sebut Belum Ada Informasi dari Jokowi

Pangi melihat ada dua kemungkinan terkait publikasi video sikap marah-marah Jokowi ke menterinya. Pertama, apakah kinerja pemerintahan yang belum maksimal adalah murni kesalahan para menteri. Kedua, kinerja pemerintahan yang belum maksimal itu menunjukkan kelemahan presiden dalam menjalankan roda pemerintahan.

"Boleh jadi dagelan politik, mencari 'kambing hitam' demi menutupi kelemahannya sebagai presiden dalam menjalankan roda pemerintahan," ujarnya.

Kerja Menteri Tetap Biasa Saja, Fahri Hamzah: Kok Gak Kayak Dimarahi

Halaman: 
Penulis : Iskandar