logo


Wajib Gunakan Sunscreen Meski di Rumah Saja, Begini Penjelasan Ahli

Cahaya biru berpotensi memicu kerusakan kulit

30 Juni 2020 18:00 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi google

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Pandemi corona telah merubah gaya hidup seseorang, termasuk dalam beraktivitas. Banyak masyarakat yang beraktivitas dari rumah tanpa perlu ke kantor. Namun ketika beraktivitas di rumah saja bukan berarti kita dapat mengabaikan penggunaan sunscreen atau tabir surya.

Beberapa ahli mengatakan bahwa paparan sinar ultraviolet A (UVA) dapat merusak kulit wajah sehingga bisa menimbulkan penyakit dan tanda-tanda penuai dini. Mereka mengatakan bahwa UVA dapat menembus kaca jendela rumah. Oleh karena itu penting menggunakan tabur surya meski di rumah saja.

"Kaca jendela standar mampu menghalangi UVB (sinar ultraviolet B) masuk (ke dalam rumah), tapi tidak dengan UVA," kata ahli dermatologi, Joyce Park seperti dilansir Allure.


Kebiasaan Sepele Ini Bikin Kulit Cerah dan Berat Badan Ideal

"Banyak penelitian telah memberikan bukti bahwa paparan radiasi UV secara kumulatif dan berlebihan dapat menjadi salah satu penyebab kanker kulit, kerusakan kulit, penuaan dini, dan gangguan mata yang disebabkan sinar matahari," ujar ahli dermatologi, Emma Coleman, dilansir Metro UK.

Selain paparan sinar ultraviolet, Coleman mengatakan bahwa paparan cahaya biru yang dihasilkan dari gawai atau perangkat elektronik juga dapat merusak kulit. Ia pun memberi saran untuk menggunakan produk dengan kandungan sun protection factor (SPF) 30 atau lebih.

"Waktu berlebihan yang dihabiskan di depan layar menimbulkan risiko pigmentasi yang tinggi, kulit kering, kulit kasar," jelasnya.

Ingin Awet Muda? Konsumsi 5 Makanan Ini Ya

Halaman: